Pemkab Sekadau Terus Tingkatkan Pengawasan Orang Asing

Dalam pengawasan tersebut, koordinasi pun perlu diperkuat. Mengingat, izin mempekerjakan tenaga kerja asing (IMTA) dikeluarkan dari provinsi.

Pemkab Sekadau Terus Tingkatkan Pengawasan Orang Asing
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIVALDI ADE MUSLIADI
Wakil Bupati Sekadau Aloysius saat memimpin rapat koordinasi tentang pengawasan orang asing di ruang rapat bupati, Senin (31/7). Pemkab Sekadau terus berupaya untuk meningkatkan pengawasan terhadap orang asing. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Tak ingin kecolongan terhadap orang asing, Pemkab Sekadau terus melakukan upaya untuk memperkuat pengawasan orang asing maupun Tenaga Kerja Asing (TKA). Upaya tersebut dilakukan mengantisipasi serta mencegah terjadinya hal-hal tak diinginkan.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menuturkan, Pemkab Sekadau melalui Keputusan Bupati Sekadau telah membentuk Tim Pemantauan Orang asing dan Organisasi Masyarakat Asing di Kabupaten Sekadau.

Baca: Bupati Silaturahmi Bersama Jamaah Calon Haji Kabupaten Sekadau

Baca: DPC PATRI Kabupaten Sekadau Gelar Muscab Ke-III

Hal itu ia katakan saat memimpin rapat koordinasi tentang pengawasan orang asing di ruang rapat bupati, Senin (31/7). Ia juga mengatakan, pengawasan terhadap izin dan mempekerjakan tenaga asing dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan.

“Laporan harus akurat agar Pemkab bisa mengantisipasi hal-hal tak diinginkan,” ujarnya.

Dalam pengawasan tersebut, koordinasi pun perlu diperkuat. Mengingat, izin mempekerjakan tenaga kerja asing (IMTA) dikeluarkan dari provinsi.

Pengawasan keberadaan orang asing pun melibatkan lintas sektoral.

“Dalam pelaksanaanya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi mengatakan, pihaknya dalam hal ini membantu mengawasi orang asing beradasarkan situasi di lapangan. Untuk pengecekan dokumen pada orang asing merupakan domain Imigrasi.

“Kalau dilapangan ada kegiatan orang asing yang tidak sesuai izin, tetap akan dikoordinasikan. Kami mendukung Pemkab Sekadau dalam upaya pengawasan orang asing, tapi tetap berdasarkan rambu-rambu yang ada pada Undang-undang,” katanya. (gam)

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved