Naik Haji 2018

Dilanda Cuaca Panas, Kemenag Imbau Calon Jemaah Haji Minum Air untuk Hindari Dehidrasi

Memang cuaca di Berau panas, tetapi di Mekkah, jauh lebih panas, kalau kurang mengonsumsi air minum,

Dilanda Cuaca Panas, Kemenag Imbau Calon Jemaah Haji Minum Air untuk Hindari Dehidrasi
ISTIMEWA
Pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) Berau 

TRIBUNPONTIANAK.CO,ID, TANJUNG REDEB -  Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Berau Alfi Taufik, mengimbau agar Calon Jamaah Haji (CJH) agar menjaga cairan tubuh untuk menghindari dehidrasi. Diprediksi selama musim haji Arab Saudi diprediksi diterpa cuaca panas.

Alfi Taufik menambahkan, Kemenag Berau telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, untuk memberikan arahan kepada CJH, untuk mencegah dehidrasi.

“Memang cuaca di Berau panas, tetapi di Mekkah, jauh lebih panas, kalau kurang mengonsumsi air minum, daya tahan tubuh akan menurun dan berisiko terpapar penyakit lain,” jelas Alfi, Senin (30/7/2018).

Selama di tanah suci, kata Alfi, para jamaah haji akan mendapat pendampingan petugas kesehatan, termasuk dokter yang bertugas melayani jamaah haji. Selain menyarankan untuk mengonsumsi air minum yang cukup serta nutrisi seimbang, dirinya juga mengimbau agar para jamaah haji tidak banyak melakukan aktivitas di luar ibadah.

Apalagi, tahun ini juga ada beberapa CJH yang berusia lanjut. Menurut data Kemenag Berau, ada sekitar 40 persen CJH yang berusia di atas 60 tahun dan perlu pendampingan serta pengawasan ekstra dari petugas pendamping haji.

Baca: Izin Tugas Luar Kota, Seorang ASN Ditangkap Polisi Karena Bisnis Sabu

Mereka dianggap rentan atau berisiko lebih tinggi terhadap gangguan kesehatan. Terlebih lagi, beberapa diantaranya diketahui memang memiliki riwayat penyakit. Rencananya, 149 CJH asal Kabupaten Berau akan diberangkatkan ke asrama haji Balikpapan pada 6 Agustus 2018 ini.

Seluruh CJH Berau telah menyelesaikan semua tahapan persiapan ibadah haji, termasuk manasik haji, pemeriksaan kesehatan dan vaksin serta dokumen keimigrasian. Jamaah haji asal Kabupaten Berau tergabung dalam kloter  9 yang akan berangkat menuju Jeddah, Arab Saudi pada 8 Agustus 2018.

“Calon Jamaah Haji Berau nantinya berangkat ke Balikpapan pada 6 Agustus dan diterima secara resmi oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kaltim, pada tanggal 7 Agustus,” ungkapnya.

Keberangkatan mereka di asrama haji Balikpapan akan didampingi oleh Asisten I, Kabag Kesra Sekretariat Kabupaten Berau dan Kemenag Berau.

Editor: Jamadin
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved