Breaking News:

Terkait Kontes Durian Unggul di Sekayam, Hero: Hutan Seluruh Kalbar ada Varitas Durian

Itulah tujuanya kita kontes. Nanti begitu ketemu yang unggul baru kita keluarkan nama resminya melalui SK Menteri Pertanian.

Penulis: Hendri Chornelius | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HENDRI CHORNELIUS
Dirjen Hortukultua Kementan RI, Suwandi, Kadis Pertanian, Tanaman Pangan Dan Holtikultura Provinsi Kalbar, Heronimus Hero, juri kontes dan Forkompinda Sanggau saat foto bersama diacara Kontes durian unggul tingkat Kalbar tahun 2018 kembali yang berlangsung di halaman kantor Camat Sekayam, Jumat (27/7). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Kadis Pertanian, Tanaman Pangan Dan Holtikultura Provinsi Kalbar, Heronimus Hero menyampaikan, durian kita di Kalbar semuanya adalah seleksi, jadi nama varitasnya belum secara nasional diakui tapi nama lokal sudah ada.

“Itulah tujuanya kita kontes. Nanti begitu ketemu yang unggul baru kita keluarkan nama resminya melalui SK Menteri Pertanian. Itu yang kita lepas varitasnya dan kita perbanyak, dan ini salah satu bentuk kualiti kontrol juga untuk durian kita keragamanya sangat banyak, ” katanya, Kontes durian unggul tingkat Kalbar tahun 2018 kembali yang berlangsung di halaman kantor Camat Sekayam, Jumat (27/7).

Karena, lanjutnya, durian kita umpamanya satu batang, tidak ada batang lain yang sama karena semuanya hasil seleksi alam atau kawin silang.

Baca: Miliki 41,58 Gram Sabu dan 7 Butir Ekstasi, Mantan Napi Narkoba Ditangkap Polisi

“Ada yang bagus, sangat bagus ada yang kurang bagus. Itulah yang kita seleksi melalui kontes-kontes yang terbaik kita isolasi, kita kembangkan secara jelas sumber asal muasalnya, ” jelasnya.

Di Kalbar, lanjutnya, termasuk varitas durian terbanyak, karena secara luas hutan dan rata durian ini berada di tembawang atau pun hutan.

“Artinya muncul dari seleksi alam. Kalau kita bisa mengkalkulasinya termasuk yang paling besar di Indonesia. Bahkan salah satu juri memgklaim variasi durian Kalbar termasuk terbesar didunia, ” tuturnya.

Baca: Dirjen Holtikultutra Kementan RI Apresiasi Kontes Durian di Sekayam

Kebetulan, di Kalbar hutan durianya sangat banyak dan dari seluruh kabupaten ada varitas durian. Kita berani mengklaim bahwa kita terbsesar variasinya. Apalagi didukung dengan luas Kalimantan Kalbar termasuk yang terluas di Indonesia.

Dengan adanya kontes ini, ia berharap, bisa memunculkan varitas durian unggul yang tepat dan terseleksi. Sehingga menjadi kendali mutu.

“Sekarang kita dipasar membeli durian tidak tahu bagaimana kualitasnya, karena becampur, ada yang bagus, jelek dan sangat bagus. Kalau ada kontes, nanti kita pilah kualitas durian yang sudah teruji, dikembangkan. Ada segmen pasarnya yang jelas kualitasnya, ” pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved