Teroris di Kalbar

FKUB Kalbar Imbau Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Antisipasi Terorisme

Kita serahkan sepenuhnya proses hukum kepada aparat terkait terhadap terduga teroris itu

FKUB Kalbar Imbau Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Antisipasi Terorisme
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FILE
Ketua FKUB Dr Ismail Ruslan saat membacakan pernyataan sikap 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalbar, Ismail Ruslan mengimbau seluruh elemen masyarakat Kalimantan Barat meningkatkan rasa kepedulian guna antisipasi gerakan terorisme dan radikalisme di 14 kabupaten/kota se-Provinsi Kalbar.

“Pengurus Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan Lurah harus proaktif memeriksa pendatang baru yang datang dari luar wilayah Kalbar di lingkungan masing-masing,” ungkapnya, Jumat (27/7/2018).

Ia mengatakan memberantas terorisme menjadi kewajiban semua pihak. Masyarakat harus bantu aparat penegak hukum dan keamanan dalam memberantas sel-sel terorisme.

Baca: Rukun Sosial Keluarga Landak Akan Laksanakan Halal Bihalal di Pontianak

FKUB, kata Ismail Ruslan, seyogyanya beri apresiasi kepada aparat keamanan khususnya Detaseman Khusus (Densus) 88 Anti Teror, Polda Kalbar dan jajaran yang telah berhasil mengungkap orang-orang yang diduga terlibat jaringan terorisme di Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Landak.

“Kita serahkan sepenuhnya proses hukum kepada aparat terkait terhadap terduga teroris itu,” terangnya.

Ismail meminta pihak atau instansi terkait yang punya kewajiban menjaga dan mengawasi lalu lintas barang serta orang di wilayah Indonesia khususnya Kalbar agar menguatkan fungsi deteksi.

Baca: Imbau Warga Berhati-hati, PWNU Kalbar: Terorisme Ancaman Semua Pihak

“Petugas imigrasi dan aparat keamanan di perbatasan darat dan laut diminta perketat pengawasan keluar masuk barang dan orang. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan terorisme,” pungkasnya. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved