Polres Mempawah Telusuri Pemilik 3 Truk Bawang Ilegal

Polres Mempawah telah berhasil mengamankan 3 buah truk yang membawa ratusan Kg bawang tanpa disertai dokumen lengkap.

Polres Mempawah Telusuri Pemilik 3 Truk Bawang Ilegal
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Personel Kepolisian dari Unit Sabhara yang sedang mengamankan truk pengangkut Ratusan Karung Bawang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBINPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Polres Mempawah telah berhasil mengamankan 3 buah truk yang membawa ratusan Kg bawang tanpa disertai dokumen lengkap.

Kasat Reskrim Polres Mempawah AKP Deni Satria saat di temui Tribun di Kantornya, mengungkapkan bahwa dari ketiga Truk ini pihaknya hanya mengamankan 3 orang tersangka.

1 warga singkawang dengan inisial EK, dan 2 Warga Pontianak dengan Inisial ME dan YR, saat di amankan oleh pihak kepolisian, ketiganya pun tidak melakukan perlawanan apapun, dan bersikap kooperatif.

Baca: Polres Mempawah Amankan 3 Truk Bawa Bawang Ilegal

Hasil pemeriksaan sementara, bawang - bawang tersebut di sinyalir berasal dari daerah perbatasan yang akan di tujukan ke Kota Pontianak.

"Dari hasil pengakuan sementara, mereka dapat barang dari perbatasan, Kabupaten Bengkayang, dan akan di arahkan ke Kota Pontianak, ada yang ke Siantan, dan saat kita periksa barang - barang ini bukan dari Indonesia, melainkan dari luar,"paparnya.

Hingga kini Pihak Polres Mempawah masih melakukan pemeriksaan terhadap ke 3 tersangka tersebut, dan hendak mencari siapa dalang di balik pengiriman ratusan Karung Bawang tanpa dokumen resmi tersebut.

Deni menjelaskaan bahwa penangkapan truk pembawa bawang tersebut didasarkan atas tidak adanya dokumen terlampir yang di bawa oleh Supir.

"Asumsinya, bila ini merupakan barang kiriman luar dan legal harus ada surat dari balai Karantina di perbatasan, dan surat dokumen penjelasan asal - usul barang, namun ketika di amankan mereka tidak dapat menunjukan dokumen yang di perlukan,"tegasnya

Hingga kini, seluruh tersangka sedang di amankan di Mapolres Mempawah guna di lakukan penyelidikan lebih lanjut, dan pihak Polres Mempawah pun aka berkoordinasi dengan Polres Pontianak untuk mengungkap kasus terkait pengriman Bawang ini.

Ketiga Supit pembawa Bawang tanpa Dokumen ini pun akan di kenakan dengan Pasal 31 ayat 1 UU RI nomor 16/1992 tentang karantina hewan ikan dan tumbuhan, dengan ancaman maksimal hukuman 3 tahun penjara.

Penulis: Ferryanto
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved