Tidak Puas Terhadap Hasil Pilkada, Ungkapkan ke Mahkamah Konstitusi

Mengungkapkan ketidakpuasan dengan jalur yang seharusnya semacam ini, tentu sesuatu yang kayak diapresiasi.

Tidak Puas Terhadap Hasil Pilkada, Ungkapkan ke Mahkamah Konstitusi
TRIBUNNEWS
Mahkamah Konstitusi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUN PONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Politik, Akademisi Untan, Ngusmanto menilai Gugatan yang dilayangkan kubu Yansen-Ason kepada Mahkamah Konstitusi ini adalah sesuatu yang benar.

Bahwa bagi setiap pasangan calon yang tidak puas terhadap hasil Pilkada di satu daerah, jalur yang tepat dalam menyalurkan ketidakpuasan adalah di Mahkamah Konstitusi.

Mengungkapkan ketidakpuasan dengan jalur yang seharusnya semacam ini, tentu sesuatu yang kayak diapresiasi.

Menunjukkan kedewasaan berpolitik meninggalkan sikap yang bisa menciderai demokrasi, seperti tindakan anarkis dalam melampiaskan ketidakpuasan.

Mahkamah Konstitusi sendiri sejauh ini keberadaannya memang sangat penting dalam menyelesaikan konflik dari proses Pemilu.

Khususnya terkait ketidakpuasan masing-masing pasangan calon terhadap hasil Pilkada di daerah yang diikuti.

Dengan posisi yang sangat strategis dan vital itu, jelas Mahkamah Konstitusi atau MK harus diisi orang-orang yang punya integritas. Bisa memutuskan setiap perkara dengan adil, menjaga netralitas dan sebagainya. 

Dalam beberapa masa terakhir, peran MK dalam menuntaskan sengketa Pilkada bisa dibilang sangat baik. Secara umum, masuk dalam kategori cukup memuaskan. 

Adapun terkait dengan gugatan sengketa Pilkada yang diajukan kubu Yansen - Ason ini, tentu MK akan melihat seberapa kuat kasus tersebut. Jika kuat, maka bisa saja dilanjutkan, atau sebaliknya, ditolak jika gugatan dinilai tak kuat.

Halaman
12
Penulis: Ishak
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved