Pileg 2019

Mantan Napi yang Daftar Caleg Wajib Buat Pengumuman di Media Massa

Bacaleg yang bersangkutan harus menyertakan surat resmi dari redaksi media massa di dalam berkas administrasi pendaftarannya.

Mantan Napi yang Daftar Caleg Wajib Buat Pengumuman di Media Massa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Adelbertus Cahyono
Komisioner KPU Kayong Utara, Effian Noer 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Adelbertus Cahyono

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Komisioner KPU Kayong Utara, Effian Noer mengatakan, bakal calon legislatif (Bacaleg) yang pernah menjalani hukuman pidana wajib membuat pengumuman di media massa soal kasus yang pernah dialaminya.

Sebagai bukti, Bacaleg yang bersangkutan harus menyertakan surat resmi dari redaksi media massa di dalam berkas administrasi pendaftarannya.

Baca: KPU Sekadau Akui 10 Kades Telah Mendaftar Sebagai Bacaleg

Baca: Gugatan Yansen di MK, Bawaslu Siapkan Hal Ini

"Kalau tidak ada dia membuat pengumuman itu dan tidak melampirkan surat dari redaksi media resmi tentu bisa dikatakan tidak memenuhi syarat," kata Effian di Kantor KPU Kayong Utara, Sukadana, Rabu (25/7/2018).

Effian memaparkan, KPU masih memberikan waktu kepada Bacaleg melalui Parpolnya untuk melakukan perbaikan administrasi pendaftaran pada 22-31 Juli 2018.

Dengan demikian, kata Effian, selama rentang waktu inilah Bacaleg yang pernah menjalani hukuman pidana wajib membuat pengumuman di media massa.

Baca: Banyak Berkas Bacaleg Tak Lengkap, KPU Singkawang Beri Waktu Perbaikan

Baca: 7 Khasiat Teh yang Kamu Wajib Tahu

"Kalau bisa (membuat pengumuman) di koran lah, media-media resmi, bukan di Facebook, Twitter dan segala macam, kita tidak menerima itu," ucap Effian.

Beberapa waktu lalu, Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko mengungkapkan, ada dua mantan narapidana yang mendaftar di Pemilihan Legislatif Kabupaten Kayong Utara 2019.

Akan tetapi, Rudi enggan menyebutkan dua Bacaleg ini pernah terlibat kasus apa. Yang pasti, keduanya bukan mantan napi korupsi, narkotika, dan pelecehan seksual.

Rudi juga enggan membeberkan Partai Politik (Parpol) mana yang mencalonkan kedua Bacaleg tersebut.

Penulis: Adelbertus Cahyono
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved