Kembalikan Fungsi Hutan di Gunung Palung, Fakultas Kehutanan Untan Jalin Kerjasama dengan ASRI

Untuk lebih meningkatkan konservasi hutan di Kalimantan Barat khususnya untuk di wilayah Taman Nasional Gunung Palung

Editor: Madrosid
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/IMAM NUR SATRIA
Konferensi pers yang dilaksanakan oleh Fakultas Kehutanan Universitas Tanjung Pura Pontianak, atas kerjasamanya dengan Yayasan Alam Sehat Lestari dan PT. Hutan Ketapang Industri. Di Resto Grand Kartika Hotel Pontianak, Senin (23/7). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Untuk lebih meningkatkan konservasi hutan di Kalimantan Barat khususnya untuk di wilayah Taman Nasional Gunung Palung, serta berkontribusi untuk mengembalikan fungsi hutan pada mulanya.

Fakultas Kehutanan Universitas Tanjung Pura jalin kerjasama bersama Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) Senin (23/7) di Grand Kartika Hotel Pontianak.

Selaku Wakil Dekan II fakultas kehutanan Dr.Hj. Farah Diba, S.Hut, M.si berharap setelah kerjasama ini dari fakultas kehutanan Untan dapat membantu yayasan Asri dalam menurunkan angka penebangan liar yang berada di darah hutan lindung taman nasional gunung palung di Sukadana kabupaten Kayong Utara.

Baca: Stok Darah Semua Golongan Kosong di Markas PMII Sanggau, Urbanus Minta Masyarakat Donor

"Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan konservasi hutan, kalau dalam bahasa kita itu merehabilitasi hutan, agar dilakukan penghijauan kembali di wilayah taman nasional gunung palung yang juga masih dalam wilayah kliniknya Asri," ujarnya.

Selaku Wakil Dekan II di fakultas kehutanan Untan, Farah Diba juga sebagai sekretaris dari yayasan Asri sendiri. Dimana ia mengaku selama 10 tahun ini, Asri sudah berusaha untuk menekan angka penebangan liar oleh masyarakat disekitar taman nasional gunung palung.

Maka dari itu sebelumnya, sudah ada mahasiswa dari fakultas kehutanan yang dikirim ke sana, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat disana.

"Selama 10 tahun kehadiran Asri di wilayah taman nasional gunung palung, telah berhasil menekan angka ilegal logging di wilayah tersebut. Hal itu membuat saya selaku sekretaris juga di Asri, sangat senang sekali adanya kerja sama antara fakultas kehutanan dengan Asri. Di tambah lagi fakultas kehutanan dapat menyalurkan mahasiswanya lebih banyak lagi untuk membantu disana, sebab sesuai bidang ilmu mereka juga kan," ujarnya

Selain itu setelah adanya kerjasama ini, Farah Diba mengatakan, jika mahasiswa Fakultas kehutanan berkesempatan untuk melakukan praktek kerja maupun riset, di Yayasan Asri dalam usahanya mengedukasi masyarakat setempat untuk menyelamatkan hutan lindung yang ada disana.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved