KAMMI Pandang Penting Untuk Persiapakan Anak Menuju Akil Balighnya

Dewi menilai penting untuk mempersiapkan anak-anak menuju Akil Balighnya

KAMMI Pandang Penting Untuk Persiapakan Anak Menuju Akil Balighnya
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala bidang perempuan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalbar Dewi 

Laporan Heriyanto Anggota KAMMI Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala bidang perempuan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalbar Dewi menilai penting untuk mempersiapkan anak-anak menuju Akil Balighnya, Selasa (24/07/2018).

Menurutnya, Ketika melintasi jalan setapak di tanah lapang biasanya kita melihat tumbuhan ilalang, mengamatinya tak berdaya hanya mengikuti kemana arah anginya bergerak.

Jika anginya berherak ke arah barat maka ilalang itu akan mengikutinya ke arah barat, jika ke arah timur maka ilalang itu akan mengikutinya ke arah timur, walaupun begitu ilalang tak mudah tercerabut oleh hembusan angin, karena ilalang memiliki akar yang kuat.

Baca: Diidam Konsumen, Anzon Toyota Akui CHR Crossover Sudah Dipesan Setahun Lalu

Baca: Katya Krasnova, Seniman Tatto yang Bikin Cowok Pengen Dittato Hatinya

Baca: Kembalikan Fungsi Hutan di Gunung Palung, Fakultas Kehutanan Untan Jalin Kerjasama dengan ASRI

"Seorang anak juga akan seperti itu, ia akan mudah terpengaruhi oleh siapa yang ia lihat dengan intensitas yang rutin dalam hal ini adalah keluarga," ujarnya.

Oleh karenanya apabila orang yang ada dikeluarganya rutin menampilkan kegiatan bersantai, menikmati waktu luang, menonton tv, bermain handphone seharian, maka anak juga akan melakukan hal yang sama.

Begitu pula sebaliknya apabila orang-orang disekitarnya sering melakukan kegiatan seperti membaca buku, membaca al-Qur’an, shalat berjama’ah di masjid, maka anak juga akan melakukan hal yang sama.

"Itu karena anak adalah perekam jejak bagi orang-orang disekitarnya. Anak akan tetap tumbuh besar karena kebutuhan fisiknya dipenuhi oleh orang tuanya dan tentu dengan izin Allah tapi tidak hanya kebutuhan fisik, namun kebutuhan jiwa juga harus bisa dipenuhi oleh orang tuanya," sambung Dewi.

Oleh karena itu Rasulullah SAW mengabarkan kepada kita dan para orang tua untuk mengajarkan adab pada usia kanak-kanak, karena adab adalah bagian dari akhlak dan akhlak adalah buah dari keimanan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Ibnu Abbas ra, yang artinya “Muliakanlah anak-anak kalian dan ajarkanlah kepada mereka adab yang baik”.

Halaman
12
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved