Waspada Penyakit di Musim Kemarau! Ini Cara Pencegahannya

"Kami mengingat potensi wabah penyakit seperti Ispa paling sering terjadi saat musim kemarau, karena penyebab utamanya adalah debu," ucapnya.

Waspada Penyakit di Musim Kemarau! Ini Cara Pencegahannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Ade Hermanto. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Ade Hermanto menyatakan, ada beberapa penyakit yang sering menyerang masyarakat pada musim kemarau adalah DBD, Batuk, Demam, Diare hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

"Untuk itu salah satu langkah yang perlu dilakukan oleh masyarakat adalah, menjaga kebersihan lingkungan secara baik," ujarnya Ade Hermanto kepada Tribun, Jumat (20/7/2018).

Baca: PSSI Pontianak Ajak Dukung Langsung Persipon Pontianak

Baca: Forkopimda dan Jajaran Pemerintah Provinsi Kalbar Nonton Bareng Film 22 Menit

Baca: Pontianak Vs Persinga Ngawi! Tim Elang Khatulistiwa Dituntut Harus Menang

Dalam mengantisipasi berbagai penyakit di musim kemarau tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, telah melakukan monitoring ke semua Puskesmas.

"Kami mengingat potensi wabah penyakit seperti Ispa paling sering terjadi saat musim kemarau, karena penyebab utamanya adalah debu," ucapnya.

Selain itu juga Dinas Kesehatan terus melakukan berbagai langkah antisipasi terhadap ancaman penyakit diare. Karena penyakit ini dapat berpotensi menyerang masyatakat akibat kesulitan air.

"Karena saat memasuki musim kemarau, berdampak pula pada kesulitan air untuk sebagian masyarakat. Dalam mengantisipasi keterbatasan air tersebut, kami menyarankan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi produk air isi ulang," ujarnya.

Tak hanya itu jelas Ade, kebutuhan asupan makanan yang baik dan bergizi juga sangat diperlukan, sebagai fungsi sistem kekebalan tubuh agar tetap fit dan maksimal untuk melawan penyakit yang hendak masuk ketubuh.

"Mengkonsumsi vitamin yang cukup. meskipun semua vitamin sama pentingnya bagi tubuh, tetapi salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, sistem kekebalan tubuh kita dapat berfungsi secara maksimal," ucapnya.

Selain dalam bentuk obat cair atau pil, vitamin c juga dapat ditemui dalam makanan pokok sehari-hari seperti, sayur dan buah brokoli, jeruk, pepaya, dan mangga.

"Musim ini yang paling rawan kepada anak-anak balita dan bayi. Ini sangat cepat sekali terkontaminasi dan jika tidak segera mendapatkan penanganan medis dapat menimbulkan resiko berbahaya," jelasnya.

Oleh karena itu, dihimbau kepada seluruh masyarakat harus selalu terapkan gaya hidup sehat, dan segera ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan medis, jika merasa mulai terindikasi terserang penyakit, segera dibawa ke puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, jangan ditunda-tunda.

"Inilah tips menjaga kesehatan dalam menghadapi musim kemarau, yaitu jaga selalu kebersihan lingkungan, jaga selalu kebersihan perorangan, berperilaku hidup bersih dan sehat, istirahat yang cukup, olahraga secara teratur, menggunakan masker apabila pergi ke luar rumah maga stamina tubuh, dengan banyak minum air putih, makan buah dan sayuran serta konsumsi gizi seimbang, dan minum suplemen atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh," ungkapnya. 

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved