Dinas Pertanian Kubu Raya Sumbang 23.257 Ton Beras untuk Kalbar

Menurutnya, Kubu Raya saat ini menjadi kabupaten yang surplus beras mencapai 23.257.000 kilogram.

Dinas Pertanian Kubu Raya Sumbang 23.257 Ton Beras untuk Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/YOUTUBE
Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya Gandhi Satyagraha 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak,  Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Pemkab Kubu Raya menggelar Gerakan Tanam Padi Musim Gadu 2018 di Desa Parit Keladi, Kecamatan Sungai Kakap, guna mendukung percepatan luas tambah tanam (LTT) dan upaya khusus (upsus) peningkatan produksi padi, jagung, kedelai (pajale).

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya, Gandhi Satyagraha mengatakan kegiatan tanam serentak penting untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dan pangan dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

"Peran subsektor tanaman pangan selain untuk pemantapan ketahanan pangan juga punya andil besar terhadap kesempatan kerja, sumber pendapatan, dan penggerak perekonomian regional dan nasional," ujarnya.

Baca: 3 Terpidana Mati Kasus Narkoba Tunggu Ajal di Nusakambangan, Ini Identitasnya

Baca: Jelang Laga Liga 3 Indonesia, Pelatih Persipon Ngaku Buta Kekuatan Persinga Ngawi

Menurtnya pula subsektor tanaman pangan juga menjadi faktor lain untuk pertumbuhan industri hulu dan pendorong pertumbuhan industri hilir yang berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi nasional.

"Karena itu perlunya peningkatan koordinasi dan sinkronisasi program antar-instansi terkait, mulai dari tingkat pusat hingga daerah untuk meningkatkan pembangunan agribisnis tanaman pangan. Agribisnis menurutnya harus dilihat sebagai suatu sistem yang utuh dan terintegrasi, mulai dari proses penanaman hingga produksi sampai pada pemenuhan kebutuhan konsumen baik dari sisi kuantitas maupun kualitas," ungkapnya.

Menurutnya, Kubu Raya saat ini menjadi kabupaten yang surplus beras mencapai 23.257.000 kilogram.

"Sumbangan Kubu Raya untuk Kalbar sebesar 23.257 ton beras. Bahkan merupakan penghasil beras terbesar kedua di Kalbar," katanya.

Selain itu diakuinya pula kubu Raya, juga memberikan sumbangan produksi benih melalui program peningkatan ketahanan pangan kegiatan pengembangan perbenihan yang merupakan satu diantara inovasi untuk memenuhi kebutuhan benih unggul yang sering langka.

"Kegiatan inovasi itu dilaksanakan di tiga penangkar benih Kubu Raya semoga kita bisa mencapai sasaran tanam pada musim tanam 2018 sebesar 24.834 hektare," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved