Pileg 2019

Dua Parpol Tak Daftarkan Bacaleg di Singkawang

Dua partai politik dari 16 partai politik dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2019, tidak mendaftarkan Bacalegnya

Dua Parpol Tak Daftarkan Bacaleg di Singkawang
NET
Seorang warga melintas di deretan bendera Parpol

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANANK.CO.ID, SINGKAWANG - Dua partai politik dari 16 partai politik dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2019, tidak mendaftarkan Bacalegnya.

Hanya 14 partai politik saja yang mendaftarkan Bacalegnya, sementara dua partai politik yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Garuda tidak mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Kota Singkawang.

"Hingga pukul 24.00 WIB (penutupan penerimaan pendaftaran pengajuan bakal calon legislatif dalam Pemilu tahun 2019) dua partai ini tidak mendaftarkan Bacalegnya," kata Ketua KPU Kota Singkawang, Riko, Rabu (18/7/2018).

Baca: Pencegahan Karhutla, Tim Manggala Agni Kunjungi Desa Tanjung

Sementara 14 partai lainnya sudah mengajukan dan saat ini sedang dilakukan verifikasi sesuai tahapan yang ada hingga 18 Juli 2018.

Kemudian hasil verifikasi nantinya akan disampaikan pihak KPU Kota Singkawang ke masing-masing Parpol mulai tanggal 19 hingga 21 Juli 2018.

"Jika dari hasil verifikasi terdapat Bacaleg yang Parpol ajukan ke KPU Kota Singkawang tidak lengkap maka yang bersangkutan haruslah melengkapi sesuai ketentuan yang ada, dimana tahapan perbaikan berkas ini dilakukan mulai 22 hingga 31 Juli 2018," ujarnya.

Bagi partai yang tidak mengajukan Bacaleg, katanya, maka secara ketentuan tidak bisa ikut dalam kontestasi Pemilu di tingkat Kota Singkawang.

Selain itu juga, kata Riko, sebagian besar partai yang mengajukan pendaftaran Bacaleg ke KPU Kota Singkawang memenuhi jumlah kuota kursi dari 4 Dapil yang ada di Kota Singkawang.

"Ada yang mengajukan jumlah Bacalegnya sesuai kuota kursi yang ada, ada juga Parpol yang mengajukan jumlah Bacaleg yang kurang dari jumlah kuota kursi DPRD Kota Singkawang," jelasnya

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved