Pileg 2019

Caleg Terpilih Bisa Tak Dilantik, Jika Syarat Ini Tak Terpenuhi

Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan menerangkan jika untuk sementara ini belum ada PKPU yang mengatur terkait batasan dana kampanye.

Caleg Terpilih Bisa Tak Dilantik, Jika Syarat Ini Tak Terpenuhi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Ketua KPU Kalbar, Ramdan 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan menerangkan jika untuk sementara ini belum ada PKPU yang mengatur terkait batasan dana kampanye.

"Sejauh ini, peraturan KPU mengenai kampanye tidak ada mengatur, kemudian peraturan kampanye yang mengatur pelaksanaan kampanye pemilu 2019 juga belum keluar, kita juga menunggu apakah ada peraturan baru terkait itu," jelas Ramdan, Rabu (18/07/2018).

Tapi sejauh ini, lanjut Mantan Ketua KPU Kota Singkawang ini, dari pemilu sebelumnya tidak ada mengatur tentang dana kampanye percaleg.

Baca: Perlengkapan Keselamatan Bagi Penumpang Wajib

"Yang diatur sementara ini bahwa hal yang baru dalam pencalonan, karena baru dalam tahapan pencalonan, jadi bahwa nanti apabila caleg terpilih harus melaporkan harga kekayaannya LHKPN ke KPK, itu yang sementara ini diatur dalam pencalonan anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten Kota," katanya.

Diterangkannya, jika caleg yang nantinya terpilih tidak melaporkan LHKPN tidak akan dilantik atau tidak diusulkan.

"Ketentuan itu mengatur, jika caleg terpilih tidak melaporkan harta kekayaannya LHKPN, maka ditunda pelantikannya, tidak diusulkan untuk pelantikannnya," ujarnya.

Ramdan menuturkan, tahapannya sekarang ialah pengajuan, kemudian pihaknya dalam hal ini KPU masih melakukan proses pemeriksaan atau penelitian administrasi terhadap berkas bakal calon.

"Setelah hasil litmin ini disampaikan ke Parpol, penyerahannya dari tanggal 19-21 Juli 2018. Kemudian masih ada masa perbaikan dari tanggal 21-31 Juli 2018. Sebelum penyusunan DCS masih ada perbaikan dari parpol kepada bacalegnya," kata Ramdan.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved