Pileg 2019

KPU Sambas Pastikan Bacaleg Yang Tak Terdaftar Hingga Hari Ini, Tak Bisa Ikuti Pileg 2019

Menurutnya, pendaftaran Bacaleg sebelum dilakukan verifikasi. Hanya hingga Selasa (17/7/2018) pukul 24.00 WIB.

KPU Sambas Pastikan Bacaleg Yang Tak Terdaftar Hingga Hari Ini, Tak Bisa Ikuti Pileg 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Ketua KPU Kabupaten Sambas, Sudarmi dan komisioner KPU Sambas lainnya, menerima konsultasi Bacaleg dari berbagai Parpol di Kantor KPU Sambas, Selasa (17/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Ketua KPU Kabupaten Sambas, Sudarmi menegaskan, jika setelah pendaftaran, dan pada saat tahapan verifikasi berkas Bacaleg, nantinya ditemukan ada berkas yang perlu dilengkapi atau diperbaiki, KPU Sambas memberikan kesempatan untuk perbaikan hingga 31 Juli 2018.

"Nah kalau ternyata ada yang tidak memenuhi syarat atau ada yang kurang, itu mereka masih bisa memperbaiki mulai dari tanggal 22 sampai 31 Juli 2018," tegasnya.

Menurutnya, pendaftaran Bacaleg sebelum dilakukan verifikasi. Hanya hingga Selasa (17/7/2018) pukul 24.00 WIB.

Baca: Foto-foto Pertandingan Voli Puteri Antara Kabupaten Mempawah dan Kayong Utara di Popda Kalbar

Jika Bacaleg tidak terdaftar setelah waktu yang ditentukan tersebut, maka menurutnya tidak akan bisa mengikuti Pileg 2019 nanti.

"Kalau hari ini Bacaleg tidak melakukan pendaftaran sampai pukul 24.00, otomatis mereka tidak terdaftar dan tidak bisa mengikuti Pemilahan Legislatif. Tetapi kan pendaftarannya masih sampai pukul 24.00, masih ada waktu mendaftar," ujarnya.

Setelah hari pendaftaran Bacaleg, mekanisme selanjutnya KPU Sambas akan memverifikasi berkas Bacaleg.

"Setelah itu kami akan mengumumkan hasil Bacaleg yang lolos verifikasi," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, hingga Selasa (17/7/2018) siang, KPU Sambas baru menerima berkas dari dua Partai Politik (Parpol) yang mengajukan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg).

"Untuk Partai Politik (Parpol) yang sudah mengajukan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), yang kami terima baru dua Parpol. Yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Jadi berarti jumlah Bacaleg otomatis kalau mereka mendaftarkan secara full 45, berarti jumlahnya 90 Bacaleg," ungkapnya didampingi Komisioner KPU Sambas Divisi Teknis, Irawati. Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Martono dan Divisi Hukum, Wahdi Kuspian, Selasa (17/7/2018).

Baca: Majukan Pendidikan, Kemenristekdikti RI Berikan Bimtek di Wilayah Kalimantan

Ini artinya, masih ada 14 Parpol yang belum mendaftarkan Bacaleg-nya ke KPU Sambas.

"Ada beberapa di antaranya berkonsultasi. Kemudian mungkin yang lainnya yang belum mendaftar, mereka mempersiapkan persyaratan berkas Bacaleg mereka," jelas Sudarmi.

Sudarmi menerangkan, Selasa (17/7/2018) merupakan hari terakhir pendaftaran Bacaleg. Pihaknya akan menerima berkas Bacaleg hingga pukul 24.00 WIB.

"Untuk Parpol mengajukan pendaftaran Bacaleg mereka hari ini sampai pukul 24.00 WIB, dan hanya tinggal hari ini saja. Setelah itu tahapannya baru setelah mereka diterima, kami akan mengadakan verifikasi berkas Bacaleg. Apakah memenuhi syarat atau tidak," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved