Pileg 2019

KPU Ketapang Prediksi Bakal Ada 700 Lebih Caleg Akan Bertarung di Tingkat Kabupaten

Maka akan ada 720 Caleg yang akan bertarung untuk memperebutkan kursi DPRD Ketapang.

KPU Ketapang Prediksi Bakal Ada 700 Lebih Caleg Akan Bertarung di Tingkat Kabupaten
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SUBANDI
Jajaran DPC Partai Hanaura Ketapang berfoto bersama usai menyerahkan berkas Bacaleg untuk Pemilu Serentak 2019 di Kantor KPU Ketapang, Selasa (17/7). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ketapang menerima pendaftaran berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu Serentak 2019.

Penerimaan berkas dari partai politik (Parpol) ini dijadwalkan berakhir Selasa (17/7) pukul 24.00 WIB.

Ketua KPU Ketapang, Tedi wahyudin mengatakan pada hari terakhir pendaftaran ini hingga pukul 15.00 WIB. Sejumlah Parpol ada yang sudah dan belum mendaftarkan berkas Bacaleg tingkat Kabupaten Ketapang masing-masing.

Di antara yang sudah mendaftar yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Nadem, Gerindra, Golkar dan PDI Perjuangan.

Kemudian Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Demokrat yang berkasnya sudah diterima pihak KPU Ketapang.

“Terhadap kelengkapan berkas akan kita periksa atau verifikasi terkait kelengkapan syarat para calonnya. Jika ada syarat calon kurang lengkap maka akan kita keluarka berita acara,” kata Tedi kepada awak media di Ketapang, Selasa (17/7/2018).

Baca: DPRD Kalbar Desak Tuntaskan Pembebasan Lahan Pelabuhan Kijing Mempawah

Menurutnya berita acara itu mengenai hasil verifikasi yang sudah dilakukan. Kemudian akan disampaikan kepada Parpol mulai 19 hingga 21 Juli. Setelah itu bagi Parpol yang tidak lengkap bisa melengkapi berkasnya hingga 31 Juli mendatang.

“Jadi terhadap pencalonan tidak ada perbaikan lagi dan yang ada perbaikan hanya pada syarat calonnya. Tapi hingga saat ini setelah berkas kita periksa rata-rata syarat pencalonanya sudah lengkap dan nanti pasti akan kita sampaikan juga,” ungkapnya.

Ia menambahkan jika semua Parpol mengisi semua kuota pencalonan untuk enam daerah pemilihan (Dapil) se Ketapang. Maka akan ada 720 Caleg yang akan bertarung untuk memperebutkan kursi DPRD Ketapang.

“Untuk enam Dapil se Ketapang ini totol Calegnya pada satu partai saja sebanyak 45 orang. Jadi 45 orang dikali 16 Parpol jumlahnya ada 720 Caleg khusus untuk di Ketapang,” paparnya

Penulis: Subandi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved