Penting Bangun Kemandirian, Pilih Pekerjaan yang 'Aman' Agar Kerja dan Kuliah Bisa Sinergi

Membangun kemandirian sejak masih berstatus mahasiswa bukan sebuah kemustahilan. Bahkan, pada situasi tertentu, jadi sebuah keharusan.

Penting Bangun Kemandirian, Pilih Pekerjaan yang 'Aman' Agar Kerja dan Kuliah Bisa Sinergi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Untan, Mia Islamidewi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Membangun kemandirian sejak masih berstatus mahasiswa bukan sebuah kemustahilan. Bahkan, pada situasi tertentu, jadi sebuah keharusan.

"Sangat penting sikap kemandirian tersebut dibangun, bahkan sejak dini. Tetapi pada saat menjadi mahasiswa, mungkin aplikasinya menjadi lebih mudah, karena banyaknya relasi dan sebagainya," nilai satu dari mahasiswi Ilmu Komunikasi Fisip Untan, Mia Islamidewi, Senin(09/07/2018).

Ia menilai, berkuliah sambil bekerja sambilan, sangat mungkin dilakoni seorang mahasiswa. Terutama dan dengan catatan selama mahasiswa yanh bersangkutan dapat mengatur waktu dengan baik antara perkuliahan dan pekerjaan.

Baca: Ini Tips Agar Kerja dan Kuliah Bisa Disinergikan

Karena itu, agar antara bekerja dan kuliah bisa sinergi, penting memperhatikan pekerjaan yang dipilih. Lekerjaan yang tidak memakan banyak waktu atau tenaga, jelas menjadi pilihan menarik.

Itu seperti bekerja sebagai pelayan cafe paruh waktu,  atau mengajar les/ekskul sesuai kemampuan. Juga menjadi pekerja lepas seperti fotografer, desainer grafis, jualan online dan lain sebagainya.

Ia menilai, budaya kuliah sambil bekerja sebenarnya memang belum terlalu dianggap penting di Indonesia. "Karena yang melakukannya hanya sebagian mahasiswa yang merasa perlu mendapatkan uang tambahan," sambungnya.

Mirisnya, sebagian mahasiswa lainnya memilih melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Seperti hangout nongrkrong dan sebagainya.

"Mungkun jika di luar negeri sudah menjadi antusias yang besar bagi mahasiswa. Di sana guna mendukung kemampuan atau skill dalam suatu pekerjaan," sambungnya. 

Penulis: Ishak
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved