Terjebak di Goa Lebih Dari Dua Pekan, 6 Remaja Pesepakbola Akhirnya Berhasil Diselamatkan

Tim penyelamat berlomba dengan waktu, sebab hujan lebat diperkirakan turun sehingga dapat memicu banjir yang akan menghancurkan misi penyelamatan.

Terjebak di Goa Lebih Dari Dua Pekan, 6 Remaja Pesepakbola Akhirnya Berhasil Diselamatkan
AFP
Tim penyelam Angkatan Laut Thailand di gua Tham Long selama operasi penyelamatan 12 remaja laki-laki dan pelatih tim sepak bola yang terperangkap di goa di Taman Hutan Non Khun Nam Nang di distrik Mae Sai, provinsi Chiang Rai, Thailand 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sebanyak enam dari 13 orang yang terjebak di dalam goa Tham Luang, di Thailand, selama lebih dari dua pekan berhasil dikeluarkan pada Minggu (8/7/2018).

Diwartakan AFP, dua remaja laki-laki pertama muncul pada senja hari dari kompleks goa, setelah mereka melalui rute berbahaya sejauh empat kilometer melalui lorong berliku, sempit, dan tajam.

Baca: Sempat Terseret 15 Meter, Bocah 11 Tahun Ini Selamat Dari Maut Usai Diterkam Buaya

Baca: Saksi Karolin - Gidot Tolak Tanda Tangani Berita Acara Rekapitulasi

Baca: Gol Ezechiel NDouassel Bawa Kemenangan Persib Bandung Saat Hadapi PSIS Semarang

Tak lama kemudian, empat lainnya keluar dari goa. Mereka semua langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Enam dari mereka keluar (dari goa)," kata seorang pejabat kementerian pertahanan yang meminta tidak disebutkan namanya.

Penyelam elit asing dan Angkatan Laut Thailand pada Minggu (8/7/2018) pagi memulai operasi pengamanan di sekitar kompleks goa untuk mengeluarkan 12 remaja dan pelatih sepak bola mereka.

Tim penyelamat berlomba dengan waktu, sebab hujan lebat diperkirakan turun sehingga dapat memicu banjir yang akan menghancurkan misi penyelamatan.

"Hari ini adalah hari H. Anak-anak siap menghadapi tantangan apa pun," kata kepala tim penyelamat Narongsak Osattanakorn kepada wartawan, Minggu pagi.

Tim sepak bola remaja dan pelatihnya terperangkap di ruang sempit yang jauh di dalam goa Tham Luang, wilayah pegunungan di Thailand utara, sejak 23 Juni 2018.

Mereka masuk setelah latihan sepak bola, dan air mengisi ruangan goa akibat hujan deras sehingga membuat mereka terjebak.

Sebelumnya, Narongsak menyatakan misi penyelamatan tersebut sebagai "Mission Impossible", sebab petugas harus berhati-hati membawa mereka keluar dari goa.

Halaman
12
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Dhita Mutiasari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved