Tersandung Masalah, Dua Diplomat Iran di Belanda Diusir

Kejaksaan Belgia menambahkan, seorang diplomat Iran di Vienna yang menjadi kontak pasangan suami istri itu ditangkap di Jerman.

Tersandung Masalah, Dua Diplomat Iran di Belanda Diusir
AFP PHOTO / IRANIAN PRESIDENCY / HO
Presiden Iran Hassan Rouhani menghadiri pertemuan kabinet di Ibu Kota Teheran, Minggu (31/12/2017). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, AMSTERDAM - Dua diplomat Iran di Belanda diusir. Pengusiran tersebut terjadi pada bulan lalu. "Dua staf dari kantor kedutaan Iran telah diusir dari Belanda pada 7 Juni lalu," kata Hulbert Bredemeijer, juru bicara Badan Intelijen Umum dan Keamanan Belanda, AIVD kepada AFP.

"Namun saya tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut terkait masalah ini," tambahnya.

Sejumlah diplomat Iran tengah tersandung permasalahan di beberapa negara Eropa. Awal bulan ini, tiga negara, yakni Belgia, Perancis dan Jerman telah menangkap enam diplomat Iran yang diduga terkait dengan rencana pemboman terhadap agenda pertemuan kelompok oposisi Iran di pinggiran kota Paris.

Agenda pertemuan juga rencananya akan dihadiri politisi AS, termasuk sekutu dekat Presiden Donald Trump. Kabar penangkapan diplomat Iran itu datang bersamaan dengan kunjungan Presiden Hassan Rouhani di Swiss, sebagai bagian dari rangkaian tur Eropa untuk menggalang dukungan terhadap kesepakatan nuklir 2015.

(Baca: Sesak Nafas Usai Berhubungan dengan Driver Ojek Online, Perempuan 55 Tahun Meninggal Dunia )

Penangkapan ini pertama kali diungkap pemerintah federal Belgia. Dalam dakwaan pemerintah Belgia menyebut mereka sebagai pasangan suami istri keturunan Iran tetapi berpaspor Belgia.

"Amir S (38) dan Nasimeh N (33) didakwa merencanakan serangan bom pada Sabtu di Villepinte, pinggiran Paris, dalam sebuah konferensi yang digelar organisasi Mujahidin Rakyat Iran," demikian kejaksaan Belgia.

Pasangan suami istri itu membawa 500 gram bahan peledak TATP bersama sebuah detonator saat dihentikan polisi di sebuah kawasan permukiman di Brussels.

Kejaksaan Belgia menambahkan, seorang diplomat Iran di Vienna yang menjadi kontak pasangan suami istri itu ditangkap di Jerman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belanda Telah Mengusir Dua Diplomat Iran"

Editor: Jamadin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved