Breaking News:

Terkait Sampah di Pontianak, Didik: Ini Pekerjaan Rumah Bagi Kita Semua

Permasalah pengelolaan sampah ini sudah lama sekali kita bicarakan, tetapi karena ada beberapa faktor yang buat kita masih tersendat.

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / NUR IMAM SATRIA
Kepala UPTD TPA Kota Pontianak, Didik 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nur Imam Satria

TRIBUPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ada satu permasalahan yang selalu disepelekan dan terkesan tidak terlalu diperhatikan untuk kita sebagai warga Kota Pontianak, pedahal permasalahan ini telah menjadi pekerjaan rumah yang sejak lama wajib kita segerakan sebagai warga Kota Pontianak yang baik.

Dengan meningkatnya jumlah sampah setiap tahunnya, dan sampai saat ini belum ada pengelolaan sampah yang baik dari pemerintah Kota Pontianak khususnya. Membuat kita untuk serius melihat permasalahan sampah ini.

Dikarenakan oleh beberapa hal termasuk kontur tanah kita yang gambut atau basah dan yang pastinya anggaran untuk pengelolaan itu, membuat Pemerintah masih disibukkan dengan permasalahan lama ini.

Hal itu disebutkan oleh Didik selaku Kepala UPTD TPA Kota Pontianak, saat ditemui kantornya, Jumat (6/7/2018). Menurut Didik permasalahan sampah sekarang ini bukan saja menjadi milik Pemerintah saja, tetapi milik seluruh warga Kota Pontianak.

(Baca: Miliki Kekayaan USD 81,6 Miliar, Mark Zuckerberg Tempati Posisi Ketiga Orang Terkaya di Dunia )

"Permasalah pengelolaan sampah ini sudah lama sekali kita bicarakan, tetapi karena ada beberapa faktor yang buat kita masih tersendat. Satu diantaranya adalah Anggaran untuk itu." Ujar Didik.

Tetapi untuk itu Didik mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk mencegah terlebih dahulu permasalahan sampah yang memang menjadi fokusnya ini, karena dari Dinas sendiri sedang mengusahakan pelaksana pengelolaan sampah ini dengan dinas yang terkait lainnya.

"Untuk itu saat ini seluruh warga termasuk kita bisa mencegah dalam penumpukan sampah itu, selagi kita dari dinas mencari jalan keluarnya dan masyarakat bisa mencegahnya terlebih dahulu." Ajak Didik.

Didik menyebutkan ada beberapa cara yang paling tepat dan efektif untuk masyarakat dalam pencegahan penumpukan sampah sekaligus pencemaran sampah, yaitu dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

"Untuk masyarakat bisa melakukan pencegahan sekaligus pencemaran sampah dari rumah saja dulu, dengan melaksanakan 3R. Yang pertama itu Reduce artinya membatasi atau mengurangi jumlah pemakaian sampah, yang kedua itu Reuse pemisahan jenis sampah agar lebih gampang untuk dikelola, dan yang ketiga itu Recycle atau daur ulang sampah mana yang bisa dijadikan barang yang lebih baik atau bisa memiliki nilai jual." tukas Didik.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved