Pilgub Kalbar

Seperti Ini Ketatnya Pengamanan Pleno KPU di Sambas

"Kapolres Sambas dan Waka Polres Sambas selaku Penanggung Jawab. Saya selaku Kabag Ops sebagai Koordinator Pengamanan," ungkapnya.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Mobil AWC Polres Sambas yang disiagakan di depan Kantor DPRD Sambas, saat Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten, dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2018 di Kabupaten Sambas, yang digelar KPU Sambas di Kantor DPRD Sambas, Kamis (5/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Pengamanan ketat diberlakukan personel kepolisian dan TNI pada Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten, dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2018 di Kabupaten Sambas, yang digelar KPU Sambas di Kantor DPRD Sambas, Kamis (5/7/2018).

Kabag Ops Polres Sambas, Kompol Ayin Nurrohman mengungkapkan, pengamanan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pilgub Kalbar tahun 2018 tingkat Kabupaten Sambas tersebut, diawali dengan pelaksanaan apel di halaman Kantor DPRD Sambas.

Baca: Rincian Perolehan Suara Paslon Pilgub Kalbar, Per Kecamatan di Kabupaten Sambas

Baca: Pleno Rekapitulasi, Midji-Norsan Menang Telak di Kabupaten Sambas

"Kapolres Sambas dan Waka Polres Sambas selaku Penanggung Jawab. Saya selaku Kabag Ops sebagai Koordinator Pengamanan," ungkapnya.

Ploting personel dibagi dalam beberapa ring. Ring I terdiri dari 14 personel di dalam ruang utama. 9 personel di pintu masuk depan, 3 personel di pintu masuk kiri. 4 personel pintu masuk kanan, 6 personel di pintu belakang.

Kemudian pengamanan Ring II, terdiri dari 8 personel di teras gedung (loby). 3 personel di pintu masuk kanan, 4 personel di pintu masuk kiri.

Sedangkan di Ring III, terdiri dari 2 personel di mobil escape Armoured Personel Carrier (APC), 2 personel di mobil escape Satlantas, serta 12 personel pengamanan lalu lintas dan parkir terutama pintu masuk dan keluar Kantor DPRD Sambas.

"Personel pleton siaga sebanyak 26 personel. 2 personel pengawalan Lantas. 2 personel medis dari Polres Sambas, 2 personel dokumentasi, 4 personel di Kantor KPU, 3 personel di Kantor Panwaslu," paparnya.

Selain personel, kekuatan didukung pula dengan peralatan. Yakni 2 unit mobil Armoured Water Cannon (AWC), 1 unit APC, 1 unit Public Address (PA). 1 unit truk Dalmas, 15 unit Raimas, 5 unit mobil patroli, 1 unit ambulans, serta 30 set peralatan Dalmas.

"Ditambah untuk cipta kondisi, ada sebanyak 97 personel di Polsek jajaran, sehingga jumlah keseluruhan personel Polres Sambas sebanyak 206 personel, ditambah personel bantuan TNI sebanyak 30 personel, 15 personel Satpol PP dan 30 personel Linmas. Alhamdulillah, situasi dan kondisi wilayah hukum Polres Sambas sampai saat ini aman dan kondusif," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved