Silaturahmi Tokoh Masyarakat, Pj Gubernur Imbau Dinginkan Suasana Pilkada Kalbar

Ketika telah diputuskan, semua kandidat yang telah berkompetisi dan berkontestasi harus legowo.

Silaturahmi Tokoh Masyarakat, Pj Gubernur Imbau Dinginkan Suasana Pilkada Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Sejumlah tokoh umat Islam Kalimantan Barat bersilaturahmi bersama Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi dan Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono dan perwakilan dari Menko Polhukam di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (4/7/2018) siang. Dodi Riyadmadji mengimbau seluruh elemen masyarakat Kalbar mendinginkan suasana di wilayah Kalimantan Barat yang aman serta damai pasca penyelenggaraan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Kalbar Tahun 2018 yang telah berlangsung pada 27 Juni 2018 lalu. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat Dodi Riyadmadji mengimbau seluruh elemen masyarakat Kalbar agar mendinginkan suasana pasca penyelenggaraan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Kalbar Tahun 2018.

"Saya berbangga, berbahagia dan bersyukur kepada Tuhan. Kita berkumpul dan sepakat untuk cooling down (mendinginkan suasana_red) sampai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan siapa yang akan jadi pemenang dalam Pilkada," ungkapnya saat silaturahmi Forkompinda dan masyarakat dalam menyikapi Pilkada Kalbar 2018 di Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (04/07/2018).

Ketika telah diputuskan, semua kandidat yang telah berkompetisi dan berkontestasi harus legowo. Pasalnya, pihak yang kalah dan menang sudah sepakat menerima apapun hasilnya sebagai konsekuensi kompetisi dab kontestasi di Pilkada.

"Kami memohon tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh partai politik, tokoh pemuda media, berbagai stakeholders dan masyarakat Kalbar untuk mendinginkan suasana di Kalbar ini," terangnya.

Paslon Cagub Kalbar Nomor urut 2 dan 3 foto bersama saat laksanakan pertemuan silaturahmi
Paslon Cagub Kalbar Nomor urut 2 dan 3 foto bersama saat laksanakan pertemuan silaturahmi (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI)

Dodi sambut positif pertemuan ini sebagai strategi dalam upaya peran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar dan para pemangku kepentingan pasca Pilkada. Semua diminta menghormati dan menunggu keputusan KPU yang tidak lama lagi akan ditetapkan saat pleno.

"Walaupun kita akui ada isu-isu negatif yang disebar menggunakan media sosial untuk mempengaruhi hal-hal yang kemudian bisa menjadi bibit-bibit permasalahan. Apabila tidak disikapi secara dewasa akan mengundang kejadian tidak memuaskan," katanya.

Unsur Forkompinda Kalbar, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, tokoh pemuda, akademisi dan lainnya berfoto bersama saat silaturahmi Forkompinda dan masyarakat dalam menyikapi Pilkada Kalbar 2018 di Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (4/7/2018).
Unsur Forkompinda Kalbar, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, tokoh pemuda, akademisi dan lainnya berfoto bersama saat silaturahmi Forkompinda dan masyarakat dalam menyikapi Pilkada Kalbar 2018 di Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (4/7/2018). (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO)

Dodi ajak semua pihak untuk perangi berita bohong atau hoaks yang bisa menghasut seakan-akan tidak ada penegakan keadilan di Kalbar. Ia bersyukur anggapan Kalbar yang sejak awal dinilai akan jadi wilayah bersuasana panas saat Pilkada tidak terbukti.

"Alhamdulillah Pak Kapolda dan Pak Pangdam kompak mendukung suksesnya Pilkada. Sehingga, turun tensinya dari merah jadi kuning dan seterusnya. Ini wujud kesepakatan kita menjaga Kalbar menjadi provinsi aman dan sejahtera di masa depan. Kalbar adem, terus berkibar dan membawa kejayaan," timpalnya.

Baca: Pastikan Usai Pilkada Aman Terkendali, TNI-Polri Razia Gabungan di Ambawang

Baca: Tiga Rumah di Gg Merak 3 Terbakar, Efendi Tewas Terpanggang

Pencapaian kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif ini dinilai dianggap Dodi sebagai prestasi.

Ia mengapresiasi perjuangan personel Polri dan TNI yang ikut membantu pendistribusian surat suara, alat peraga dan lainnya hingga ke lokasi tersulit demi suksesnya Pilkada dan meningkatnya partisipasi pemilih.

"Kita berterimakasih mengapresiasi TNI dan Polri yang berusaha maksimal guna suksesnya Pilkada Kalbar 2018," tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved