Pilkada Serentak

Akui Dinamika Pilwako-Pibup Beda dengan Pilgub Kalbar, Ini Analisis Pengamat Politik Untan

Pilwako dan Pilgub punya wilayah terbatas, Pilgub lebih luas yakni 14 kabupaten/kota. Tentu setiap daerah punya dinamika sendiri-sendiri.

Akui Dinamika Pilwako-Pibup Beda dengan Pilgub Kalbar, Ini Analisis Pengamat Politik Untan
Pilkada 2018 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Pengamat Politik Untan DR Jumadi memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Pilwako, Pilbup dan Pilgub Serentak 2018 yang berlangsung di Kalbar pada 27 Juni 2018 lalu.

Kendati diakui dinamika Pilwako dan Pilbup berbeda dengan Pilgub. Terlebih sempat terjadi riak-riak kecil di beberapa wilayah Kalbar selang beberapa hari masa pencoblosan usai.

Baca: Komandan Pos TNI AL Kendawangan Terima Penghargaan dari Kepala Syahbandar Kendawangan

Baca: Polsek Ngabang Pasang Bendera Setengah Tiang Peringati Gugurnya Anggota Polri di Papua

Baca: Seluruh Warga Jawa di Sambora dan Landak Telah Beraktivitas Seperti Biasa

Simak analisisnya dalam tulisan berikut ini :

“Ada tiga aspek yang menyebabkan dinamika Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) dengan Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota (Pilwako) dan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) berbeda.

Pertama, ruang lingkup dinamika politik Pilwako dan Pilbup itu kan berbeda dengan Pilgub.

Pilwako dan Pilgub punya wilayah terbatas, sementara Pilgub lebih luas yakni 14 kabupaten/kota. Tentu setiap daerah punya dinamika sendiri-sendiri.

Kedua, tidak bisa dipungkiri bahwa Pilgub ini kan nuansa politik identitasnya dalam tanda kutip masih begitu kuat. Itu yang kemudian menjadikan situasi agak sedikit berbeda bila dibandingkan dengan Pilwako dan Pilbup.

Ketiga, elite politik yang berperan dan mempengaruhi dinamika politik juga berbeda. Semakin tinggi ruang lingkup aspek kekuasaan maka tentu berbeda dinamikanya dengan ruang lingkup kekuasaan yang kecil.

Menurut saya, ini tergantung elitnya. Hampir saya lihat di Pilwako dan Pilbup tidak ada suasana yang begitu rumit. Berbeda dengan Pilgub dimana elite berupaya menggoreng politik identitas itu.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved