Pilgub Kalbar

Situng Gangguan, KPU Sambas Pastikan Entry dan Pindai Data C1 Sudah 100 Persen

Kita tidak berharap hal itu akan terjadi. Data yang dikirim tadi malam, adalah data yang sama dan tidak meng-entry ulang

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / TITO RAMADHANI
Ketua KPUD Sambas, Sudarmi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Ketua KPUD Sambas, Sudarmi mengungkapkan, informasi mengenai Sistem Penghitungan Suara (Situng), sepenuhnya dikelola oleh KPU Pusat.

"KPU Kabupaten/ Kota hanya melakukan entry dan pindai,  dan dikirim ke server pusat di Jakarta," ungkapnya, Senin (2/7/2018).

Sudarmi menegaskan, untuk entry dan pindai C1 ke Situng, KPUD Sambas sudah menyelesaikan entry dan pindai situng hingga 100 persen pada Minggu (1/7/2018) malam.

"Untuk entry Situng dan pindai Situng C dan C1, alhamdulillah KPUD Sambas sudah selesai melakukan entry Situng dan pindai Situng tadi malam  100 persen," jelasnya.

(Baca: Ridwan Kamil Akan Sulap Gedung Bekas Bioskop Primadona di Bandung Jadi Mal )

Lanjutnya, sementara untuk entry Situng dan pindai Situng model DA-1. Baru beberapa kecamatan yang berhasil secara online.

"Sementara proses masih berjalan. KPUD Sambas tetap mengacu pada  hasil pleno yang akan di rekap di tingkat kabupaten. Yang insya Allah dilaksanakan pada Kamis (5/7/2018)," terangnya.

Saat ditanyakan, apa jaminan KPUD Sambas, bahwa tak akan terjadi perubahan masif pada data terakhir Situng, update terakhir pada Jumat (29/6/2018).

"Kita tidak berharap hal itu akan terjadi. Data yang dikirim tadi malam, adalah data yang sama dan tidak meng-entry ulang. Hasil resmi kita tetap berdasarkan rapat pleno di tingkat kabupaten, yang akan dilaksanakan pada Kamis (5/7/2018)," terangnya.

Sudarmi dalam kesempatan tersebut mengimbau kepada seluruh masyarakat dan kepada pendukung pasangan calon dalam Pilgub Kalbar, untuk bersabar menunggu perbaikan Situng.

Ia menyarankan, data update dapat diketahui masyarakat luas dan pendukung paslon, di tingkat PPK di 19 kecamatan di Kabupaten Sambas.

"Karena kita tahu bahwa akses untuk website Situng saat ini sedang mengalami gangguan. Maka bagi masyarakat dan pendukung paslon masing-masing, silahkan untuk dapat mengakses informasi updatenya langsung ke tingkat kecamatan (PPK) saja, barang kali itu bisa juga terbuka. Mohon bersabar, mudah-mudahan kita bisa menyukseskan ini dengan maksimal, semoga hambatan-hambaran tadi bisa segera diatasi," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved