Server KPU Tak Bisa Diakses, Begini Analisis Dosen Poltesa

Akses bersamaan mungkin saja dilakukan oleh petugas KPU di Kabupaten yang sedang mengupload data suara secara bersamaan.

Penulis: Hamdan Darsani | Editor: Dhita Mutiasari
Net
Tampilan infopemilu.kpu.go.id 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Terkait kejadian server KPU yang tak bisa diakses, Dosen Prodi Teknik Multimedia, Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sambas, Narti Prihartini, ST, MT  mengatakan jika sebuah website tiba-tiba tidak bisa diakses besar kemungkinan server tersebut mengalami server down.

Salah satu indikasi terjadinya server down terutama yang terjadi pada website KPU RI kemungkinan karena adanya data surat suara yang masuk dari setiap daerah di Indonesia secara bersamaan.

Baca: Hasil SBMPTN 2018 Segera Diumumkan, Ini Cara Mengeceknya!

Baca: Jelang Duel Brasil Versus Meksiko, Obrolan Neymar dan Kekasihnya Bruna Marquezine Viral

Baca: Website KPU Down, Ini Analisis Pegiat Teknologi Informasi Kalbar

Akses bersamaan mungkin saja dilakukan oleh petugas KPU di Kabupaten yang sedang mengupload data suara secara bersamaan.

Dari sudut pandang pribadi, seharusnya website sekelas KPU RI yang merupakan intansi yang besar tidak hanya mengandalkan satu website.

Diperlukan backup page, jika website utama down lantaran banyak yang mengakses, pengunjung website bisa didirect ke halaman lainya. Jangan membiarkan satu website yang dikunjungi banyak orang hanya ada satu portal saja. Harus dibuat jalur yang lain, sehingga jika tiba-tiba server down bisa langsung dialihkan kehalaman lain.

Sebagai contoh soal down server yang biasa terjadi di beberapa website pemerintah seperti yang terjadi pada kasus pembukaan CPNS yang diumumkan resmi oleh situs BKN. Pada waktu jam tertentu website tersebut sangat sulit di akses. Makanya didalam sistem IT ada istilah stress testing yang harus dilakukan pada sebuah website maupun aplikasi untuk menguji kekuatan dan ketahab website terhadap trafik yang tingi.

Untuk menghindari terjadinya down server dikemudian hari, barangkali KPU RI dalam hal ini bisa menyiapkan server backup dan hosting alamat url lain yang bisa diaktifkan saat web tidak bisa di akses. Hal itu untuk memenehi aspek availability.

Dari sisi keamanan atau security untuk akses data ke publik dan eksekutif atau admin dengan hak akses khusus harus dibedakan jalurnya. Hal yang paling penting datanya juga harus dienkripsi dengan tingkat security yang tinggi.

Ia pernah memantau beberapa website government, kelemahan yang ditemukanya pada website pemerintah agak sedikit lemah khususnya untuk enkripsi data.

Oleh Karena itu, harapanya terhadap pengelola website harus memperhatikan tentang tingkat keamanan website. Pengamanan firewall dan backdoor dari data di server juga harus ditingkatkan agar tidak mudah diretas oleh para hecker.  

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved