Ramadan Inflasi Nasional Tetap Terkendali

Bank Indonesia merilis inflasi nasional tetap terkendali dalam kisaran sasaran ditopang oleh stabilnya harga pangan dan ekspektasi yang terjaga

Ramadan Inflasi Nasional Tetap Terkendali
istimewa
Data Inflasi 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bank Indonesia merilis inflasi nasional tetap terkendali dalam kisaran sasaran ditopang oleh stabilnya harga pangan dan ekspektasi yang terjaga.

Inflasi IHK pada Mei 2018 mencapai 0,21 % (mtm), meningkat dibandingkan inflasi bulan Ialu sebesar 0,10% (mtm) seiring datangnya bulan Ramadhan.

Direktur Eksekutif Bank Indonesia, Agusman melalui siaran pers yang disampaikan Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Kalbar Bank Indonesia menyampaikan meskipun meningkat, inflasi IHK pada Mei 2018 secara historis Iebih rendah dibandingkan dengan rata-rata inflasi IHK bulan Ramadhan empat tahun terakhir.

Baca: Danlantamal XII Pontianak Bersama Kapolda Kalbar Laksanakan Upacara Tabur Bunga

Secara tahunan, inflasi mencapai 3,23% (yoy), Iebih rendah dari inflasi bulan Ialu sebesar 3,41 % (yoy). TerkendaIinya inflasi IHK kata Agus didukung oleh stabilnya inflasi inti yang tidak terlepas dari konsistensi kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dalam mengarahkan ekspektasi inflasi, termasuk dalam menjaga pergerakan nilai tukar rupiah agar sesuai dengan fundamentalnya.

Selain itu, kelompok volatile food mengalami inflasi, namun Iebih rendah dibandingkan dengan pola historis inflasi volatile food bulan Ramadhan. Hal tersebut didukung terjaganya pasokan dan harga pangan global yang menurun.

Sementara itu, inflasi kelompok administered prices meningkat bersumber dari tarif angkutan udara. Ke depan, inflasi diprakirakan tetap terkendali dan berada pada sasaran inflasi 2018, yaitu 3,5±1 % (yoy). Koordinasi kebijakan Pemerintah dan Bank Indonesia dalam mengendalikan inflasi akan terus diperkuat.

Penulis: Maskartini
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved