Pilkada Serentak

Bawaslu Terima Laporan Saksi Tolak Tandatangani Berita Acara

Sejauh ini, Kata Faisal tidak ada kendala berarti dalam proses rapat pleno rekapitulasi yang sedang berlangsung di tingkat kecamatan se kalbar.

Penulis: Hamdan Darsani | Editor: Rizky Zulham
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / HAMDAN DARSANI
Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kalbar, Faisal Riza 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kalbar Faisal Riza mengatakan seluruh petugas pengawas pemilu di seluruh wilayah kalbar masih memantau dan melakukan pengawasan melekat pada proses rekapitulasi.

“Sampai hari ini proses pengawasan masih tetap kita lakukan. Informasi terkini proses rapat rekapituasi seluruh wilayah realitif aman, saat ini pun saya sedang berada di daerah untuk memastikan proses rekapitulasinya berjalan lancar,” ujarnya.

Sejauh ini, Kata Faisal tidak ada kendala berarti dalam proses rapat pleno rekapitulasi yang sedang berlangsung di tingkat kecamatan se kalbar.

Baca: Kapolres Anggon Apresiasi Kinerja Bawaslu Sekadau

Hanya saja terdapat beberapa saksi dari tim paslon yang menolak menandatangani Berita Acara (BA) hasil rekapitulasi yang telah dilakukan oleh para petugas KPU yang berada di tingkat kecamatan. 

Kejadian tersebut teridentifikasi terjadi di Kabupaten Sanggau dan Pontianak baik itu pada proses pemilihan Walikota/bupati dan Pilgub.

“Saya kita itu haknya. Akan tetapi pada prinsipnya proses rekapitulasi oleh KPU harus tetap berjalan sesuai dengan PKPU nomor 9,” ujarnya.

Ia mengatakan sebagai langkah yang akan dilakukan terkait adanya tim paslon yang enggan menandatangani berita acara hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan, petugas akan membuat berita acara khusus yang menerangkan bahwa terdapat saksi tim paslon tidak mau menandatangani berita acara hasil rekapitulasi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved