FKUB Kalimantan Barat Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Karena apapun hasilnya, ini adalah hasil pilihan kita bersama. Kalbar ini adalah milik kita bersama harus kita jaga untuk kebaikan kita bersama juga.

FKUB Kalimantan Barat Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ M WAWAN GUNAWAN
Foto bersama tokoh masyarakat lintas agama Kalimantan Barat saat konprensi pers di Sekretariat FKUB Kalimantan Barat, Sabtu (23/06/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menanggapi hasil pemilihan kepala daerah serentak yang dilaksanakan pada 27 Juni lalu, Anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalimantan Barat Dr Zulkifli mengatakan apapun hasil yang sudah di keluarkan tentu harus tetap menunggu hasil penetapan dari KPU selaku penyelenggara pemilu, Jum'at (29/05/2018).

"Terkait dengan hasil pilkada yang baru dilaksanakan, yang kita ketahui kan sekarang hanya hasil perhitungan quick count. Tentu yang pasti, yang harus kita pegangi adalah hasil perhitungan manual yang di tetapkan oleh KPU," ujarnya saat dihubungi Tribun.

Oleh karenanya sembari menunggu hasil penetapan yang akan dikeluarkan oleh KPU, Zulkifli menghimbau agar semuanya menahan diri. Bagi yang menang jangan terlalu uporia dan yang kalah jangan bersedih.

Baca: MABM Kalbar Minta Masyarakat Tetap Tenang

"Sementara kita menunggu hasil penetapan dari KPU, baik yang sekarang ini hasil quick count dinyatakan menang atau yang kalah, Kita harus menahan diri. Yang menang jangan terlalu bereuporia dan yang kalah jangan bersedih atau berbuat hal-hal yang akan merusak ketenangan, ketentraman dan keamanan kita bersama," Sambungnya.

Menurut Zulkifli, karena apapun yang telah terjadi berdasarkan hasil pemilukada yang kemarin sudah dilaksanakan dengan aman lancar dan damai.

Baik itu calon Gubernur, Bupati, Walikota dan sebagainya. Harus mampu menenangkan para pemilih dan tim-tim yang ada dibawah untuk tetap tenang dan menjaga ketertiban serya kedamaian.

"Karena apapun hasilnya, ini adalah hasil pilihan kita bersama. Kalbar ini adalah milik kita bersama harus kita jaga untuk kebaikan kita bersama juga," Jelasnya saat dihubungi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya FKUB Kalimantan Barat telah melaksanakan konprensi pers dan membuat pernyataan sikap dari enam tokoh agama yang tergabung dari FKUB.

Hal itu dilakukan untuk tetap menjaga kondusifitas kondisi di Kalimantan Barat. Zulkifli juga menambahkan itu dibuat dan dilaksanakan untuk menunjukkan bahwa pesta demokrasi di Kalimantan Barat berjalan dengan baik dan tertib.

"Kita tunjukan kepada pihak luar bahwa Kalimantan Barat bisa melaksanakan pesta demokrasi ini dengan tertib, rukun, aman, damai dan lain sebagainya," Tegasnya.

Sementara itu terkait dengan masalah pengamanan, Zulkifli mengatakan pihaknya mempercayakan sepenuhnya kepada TNI/Polri dalam hal menjaga keamanan, kedamaian selama pilkada hingga nanti sampai penetapan.

Bahkan menurut Zulkifli dirinya menginginkan penjagaan pengamanan hingga sampai nanti pelantikan para pemenang yang terpilih.

"Kita serahkan sepenuhnya, apapun kalau terjadi pelanggaran-pelanggaran atau katakanlah hal-hal apapun yang terkait dengan hukum misalnya ada pelanggaran, kecurangan, intimidasi atau apapun harus diserahkan kepada pihak berwajib terutama kepolisian," Tutupnya.

Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved