Pilgub Kalbar

KPU Kalbar Targetkan Upload Form C1 Pilgub Selesai Kamis

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat Erwin Irawan mengatakan proses upload form C1 di situs resmi KPU sudah capai 50 persen

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Komisioner KPU Kalimantan Barat, Erwin Irawan 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.I, PONTIANAK - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat Erwin Irawan mengatakan proses upload form C1 di situs resmi KPU sudah capai 50 persen, Kamis (28/06/2018).

"Tahapan penguploud terkait dengan Formulir C1 dari kemarin sampai hari ini sudah sampai diatas 50 persen lebih penentriaan C1 untuk masuk didalam aplikasi Situng," Ujarnya saat di sambangi di Kantor KPU provinsi.

Erwin menambahkan jikalau tidak ada kendala yang berarti pihaknya menargetkan akan selesai 100 Persen hari ini.

Baca: Arus Balik, Penumpang Kapal dari Semarang Tiba di Pelabuhan Dwikora Pontianak

"Jadi kami berupaya untuk semaksimal mungkin. Kami upayakan, mudah-mudahan kalau tidak ada kendala teknis berkaitan dengan server dan keadaan geografis dilapangan, kita usahakan hari ini bisa 100 Persen," lanjut Komisioner KPU Provinsi itu.

Menurutnya saat ini anggota KPU kabupaten/kota juga sedang meng-upload data yang sama dimulai dari kemarin sampai hari ini sudah entry data C1 tersebut ke server.

Erwin menambahkan proses upload C1 itu dilakukan setelah TPS melakukan perhitungan suara.

"Kawan-kawan PPS dan PPK sudah mulai melakukan penjemputan, ini proses uploud ini dilakukan dimasing-masing kabupaten/kota dengan cara menscan C1 dan mengentri C1 kedalam aplikasi situng," tambahnya.

Baca: Minimalisir Kecurangan, Panwaslu Ikut Data Perolehan Suara

Maka dengan demikian masyarakat Kalimantan Barat bisa mengakses semua Info pilkada dan bisa melihat perkembang dari pada grafik perolehan suara kepala daerah di situs tersebut.

Berkaitan dengan kendala yang dihadapi saat ini dalam proses upload data C1 Erwin mengatakan salah satunya mungkin karena kondisi dan letak geografis.

"Kendala Upload C1 mungkin karena kondisi luas geografis di Kalbar dan wilayah di TPS kita. Seperti di Kapuas hulu yang menjangkau TPSnya itu tidak akses lain selain berjalan kaki, dengan memakan waktu dua hari dua malam baru sampai ke tps," Ujarnya.

Tapi untuk daerah perkotaan seperti singkawang yang sudah 100 persen meng-entri data ke aplikasi situng, karena singkawang daerahnya mudah dijangkau.

"Untuk kalimantan barat ini memang kendalanya masalah geografis, masalah cuaca yang tidak menentu, tapi kita optimis dan usahakan sampai hari ini kita bisa menyelesaikan C1 itu 100 persen," tegasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved