Bullying di Sekolah Harus Dilawan dan Diperangi, Ini Alasannya

Para pembully ini meresahkan dan korban bullying akan merosot prestasinya di sekolah.

Bullying di Sekolah Harus Dilawan dan Diperangi, Ini Alasannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISHAK
Ketua Panita Pentas Seni SMA Islamiyah Pontianak, Ade Mesti Anugrah 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - “Tentu saja bullying di sekolah harus dilawan bahkan dihilangkan,” ujar satu dari siswa SMA Islamiyyah Pontianak, Ade Mesti Anugrah (17), Jumat (29/06/2018). 

Ada banyak alasan kenapa bullying harus dibumihanguskan. Bullying, katanya, jelas bakal berdampak buruk bagi para siswa.

Jika tak ditangani dengan baik, bahkan aksi bullying akan menjadi budaya di kalangan para siswa. 

(Baca: Minta Maaf, Ini Pesan Hildi Hamid Terkait Pendidikan di Kayong Utara )

“Apabila tidak dilawan atau dihentikan, ini akan menggeneralisasi setiap waktunya.. Bagaimana mungkin kita biarkan hal yang buruk menjadi budaya,” sambung dara yang di sekolahnya didapuk sebagai duta lingkungan hidup itu.

Alasan lainnya, kata dara kelahiran Juli 2017 itu, adalah aksi  merugikan korban yang terus-terusan dirampas hak-haknya. Baik dalam bentuk barang, juga hak sosial dan hak individunya.

Dara yang kini duduk di kelas XII IPS itu, juga meyakini bahwa bullying bisa menjadi beban bagi pihak sekolah sendiri. Sehingga sekolah harus benar-benar ambil peran memeranginya. 

“Para pembully ini meresahkan dan korban bullying akan merosot prestasinya di sekolah. Akreditasi dan nama baik sekolahpun bisa tercemar karena aksi bullying,” lanjutnya.

Pada perkembangannya, aksi bullying menurutnya bisa saja akibatkan hilangnya rasa aman di sekolah. Juga hilangnya rasa kekeluargaan di sekolah bahkan hilangnya rasa kebanggaan pada sekolah. 

(Baca: Penumpang dan Pengantar Padati Pelabuhan Dwikora Pontianak )

“Kenapa bisa?. Karena sekolah adalah tempat terjadinya bullying dan para pembully merasa merdeka melakukan bullying pada korbannya di sekolah,” timpalnya.

Karenanya, tidak ada pilihan lain kecuali aksi,bullying di sekolah harus dihilangkan untuk membentuk karakter yang lebih baik bagi para pelajar. 

“Dengan pembentukan karakter pendidikan dan moral serta kewajiban, maka akan menambah kualitas seorang pelajar. Sehingga siap untuk memajukan pendidikan bangsa dengan menjadi generasi berprestasi dan bermoral untuk cerminan bangsa yang jauh lebih baik,” pungkasnya.

Penulis: Ishak
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved