Alasan Kenapa Pelajar Perlu Bangun Budaya Literasi di Sekolah

Ada banyak alasan kenapa para siswa di sekolah harus membangun budaya literasi. Punya kesadaran akan pentingnya budaya satu ini.

Penulis: Ishak | Editor: Madrosid
ISTIMEWA/MAI TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISHAK
Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak, Mai Yuliastri Simarmata, M.Pd 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ada banyak alasan kenapa para siswa di sekolah harus membangun budaya literasi. Punya kesadaran akan pentingnya budaya satu ini.

"Budaya literasi ini berkaitan dengan kemampuan atau skill tentang membaca dan menulis," ujar Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak, Mai Yuliastri Simarmata (33), Rabu (27/06/2018).

Budaya literasi, punya peran penting dalam mendukung keberhasilan siswa di sekolah. Termasuk khususnya dari sisi akademik.

Baca: Literasi Penting Bagi Pelajar, Ini Trik Cindi Agar Membaca dan Menulis Jadi Aktivitas Menyenangkan

Apabila dikaitkan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia saja misalnya. Katanya, di sekolah, banyak siswa yang gagal di mata pelajaran ini pada ujian nasional, karena keengganan siswa untuk membaca.

Demikian pula dengan mata pelajaran lainnya. Menilik pada fakta itu, menurutnya, para pelajar tak punya pilihan lain selain membangun budaya literasi di sekolah.

Baik lewat aktivitas membaca, juga menulis. Menyerap informasi dari berbagai materi dan sumber bacaan, juga menuangkan gagasan dalam lembar demi lembar tulisan dengan referensi yang bisa dipertanggungjawabkan.

"Oleh karena itu, sudah seharusnya dibudayakan literasi di kalangan siswa. Harus dimulai dari sekarang, agar nantinya siswa terbiasa," pungkasnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved