Piala Dunia

VAR Jadi Momok Menakutkan di Piala Dunia! Jumlah Penalti Pun Pecahkan Rekor

Namun, tayangan ulang via VAR menunjukkan bahwa Aspas ternyata tidak dalam posisi offside sehingga golnya dinyatakan sah.

VAR Jadi Momok Menakutkan di Piala Dunia! Jumlah Penalti Pun Pecahkan Rekor
ATTILA KISBENEDEK/AFP
Penyerang timnas Spanyol, Iago Aspas, mencetak gol yang baru dikonfirmasi lewat VAR dalam laga Grup B melawan Maroko, 25 Juni 2018 di Kaliningrad Stadium. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Penerapan video assistant referee (VAR) untuk kali pertama oleh FIFA di Piala Dunia 2018 telah melahirkan begitu banyak penalti di ajang terakbar tersebut.

Piala Dunia 2018 baru menyelesaikan matchday 3 di Grup B atau total 36 pertandingan.

Namun, jumlah penalti yang telah diberikan oleh para wasit sudah memecahkan rekor sepakan 12 pas yang pernah ada dalam satu turnamen Piala Dunia sebelumnya dengan total 20 penalti.

Baca: Ramalan Zodiak - Tidak Terbantahkan, Masa Lalu Kamu Akhirnya Harus Terungkap

Baca: Bermain Imbang Spanyol Juarai Grup B Piala Dunia

Dua penalti terakhir terjadi di laga matchday 3 Grup B antara timnas Iran menghadapi Portugal yang digelar di Stadion Mordovia Arena, Saransk, Senin (25/6/2018) atau Selasa dini hari WIB.

Pada laga tersebut, masing-masing tim mendapatkan satu penalti yang semuanya ditentukan oleh wasit Enrique Caceres setelah melihat kejadian melalui video assistant referee (VAR).

Jumlah tersebut sudah menembus rekor penalti terbanyak dalam satu gelaran putaran final Piala Dunia sebelumnya, yaitu pada edisi 1990, 1998, dan 2002.

Pada tiga ajang Piala Dunia tersebut masing-masing menghadirkan 18 penalti atau yang tertinggi sebelum Piala Dunia 2018 dihelat.

Selain penalti milik Iran dan Portugal itu, ada banyak eksekusi penalti lainnya yang juga ditentukan oleh wasit yang bertugas setelah melihat tayangan video assistant referee (VAR).

Baca: Iran Vs Portugal - Pelatih Iran Sebut Portugal Miliki Sihir untuk Menang di Piala Dunia

Baca: 5 Negara dengan Shooting Terbanyak di Piala Dunia 2018, Eropa Mendominasi

Dari 20 penalti tersebut, total ada 9 yang diberikan wasit setelah melihat tayangan VAR.

Sementara itu dari 20 penalti tersebut, 15 di antaraya berhasil berbuah gol.

Halaman
12
Editor: Marlen Sitinjak
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved