Pilkada Kubu Raya

Panwaslu Kubu Raya Sebut 229 TPS Terindikasi Rawan, Juliansyah: 111 TPS Rawan Politik Uang

Total indikasi dari 1320 tps di kubu raya terdapat 299 TPS yang rawan berdasarkan beberapa indikator

Panwaslu Kubu Raya Sebut 229 TPS Terindikasi Rawan, Juliansyah: 111 TPS Rawan Politik Uang
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Komisoner Panwaslu Kubu Raya, Uray Juliansyah 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

 TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kubu Raya menetapkan sebanyak 299 TPS di Kubu Raya sebagai TPS rawan berdasarkan berbagai indikator.

Menurut Anggota Panwaslu Kubu Raya, Uray Juliansyah 25 persen dari jumlah total TPS di Kubu Raya terindikasi rawan. 

"Total indikasi dari 1320 tps di kubu raya terdapat 299 TPS yang rawan berdasarkan beberapa indikator," ujarnya, Senin (25/6). 

(Baca: Wabup Askiman Pimpin Rakor Masalah Jalan Ketungau, Hasilkan Peta Zonasi dan Prioritas )

Kerawanan ini diakuinya juga tidak terlepas dari politik uang, dimana menurutnya berdasarkan pengalaman Pilkada sebelumnya memang ada beberapa TPS yang rawan politik uang. 

"Berdasarkan laporan Pilkada sebelumnya panwas menetapkan sebanyak 111 TPS di Kubu Raya, yang rawan terhadap politik uang. Pemetaan terhadap TPS yang rawan terjadi politik uang tersebut yakni berdasarkan sejarah pada Pilkada Kubu Raya  sebelumnya," katanya. 

Untuk mencegah terjadinya praktik politik uang di masa tenang hingga hari pencoblosan nanti, maka kata Uray, seluruh petugas Panwas yang ada di lapangan akan melakukan patroli secara ketat. 

"Kami sengaja merilis pemetaan TPS rawan pelanggaran Pilkada ini supaya, semua pihak bisa membantu kami dalam melakukan pengawasan," lanjutnya.  

(Baca: Jelang Pemungutan Suara, Drianus Saban: Semuanya Sudah Siap )

Karena itu diakuinya Money politik diakui oleh Uray menjadi fokus pihaknya dan tentunya untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan bantuan berbagai pihak. 

"Pencegahan Money politik menjadi fokus kami, leh karena itu, kami mengajak semua masyarakat untuk saling mengawasi. Jika memang ditemukan ada indikasi politik uang tersebut segera laporkan ke kami," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved