Terkait Salah Mendarat, Berikut Penjelasan Wings Air

itik koordinat di dalam pesawat masih menggunakan tujuan bandar udara lama yaitu Bandar Udara Susilo, sehingga pesawat mendarat di sana

Terkait Salah Mendarat, Berikut Penjelasan Wings Air
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / WAHIDIN
Saat pesawat Wings Air PK -WHF ATR 72 600 yang dipiloti oleh Wisnu Yuda salah mendarat di Bandara Susilo Sintang (Bandara lama) di Jalan MT Haryono Sintang, Selasa (19/6/2018) pukul 08.45 WIB.  

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Nina Soraya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group memberikan informasi bahwa penerbangan nomor IW1370 dengan rute dari Bandar Udara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat (PNK) tujuan Bandar Udara Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat (SQG) telah kembali beroperasi normal dan pelayanan kepada pelanggan dilakukan dengan baik.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro,menjelaskan Flight IW1370 dioperasikan dengan pesawat ATR 72-600 (AT76) registrasi PK-WHF. Pesawat lepas landas pukul 08.00 WIB dari Pontianak dan telah mendarat di Tebelian pukul 09.45 WIB.

Baca: Polres Landak Gelar Apel Kesiapan Randis Pengamanan Pilkada 2018

Untuk penerbangan sebaliknya bernomor IW1371, pesawat mengudara pukul 10.56 WIB dari jadwal keberangkatan pada 08.20 WIB dan tiba di Pontianak pukul 11.34 WIB.

Wings Air menyampaikan klarifikasi terkait operasional di rute tersebut yang mengalami keterlambatan
(delayed) dikarenakan untuk alasan memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Baca: Arus Balik Termonitor Lancar di Pos Pam Sungai Tebelian, Pemudik Diharapkan Tetap Berhati-hati!

Pesawat yang digunakan di penerbangan IW1370 relatif baru dioperasikan di wilayah Kalimantan Barat, dengan pertama kali melayani penerbangan Pontianak ke Sintang.

Titik koordinat di dalam pesawat masih menggunakan tujuan bandar udara lama yaitu Bandar Udara Susilo, sehingga pesawat mendarat di sana, sedangkan di dalam rencananya adalah mendarat di bandar udara yang baru yaitu Tebelian.

"Seluruh penumpang dan kru dalam keadaan selamat. Pilot beserta seluruh kru telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam menjalankan prosedur tindakan berdasarkan standar operasional.

Baca: Pantai Tanjung Belandang, Tawarkan Objek Wisata Pantai Bagi Masyarakat

Penerbangan IW1370 telah lepas landas dari Bandar Udara Susilo pukul 09.30 WIB dan mendarat di Bandar Udara Tebelian pada 09.45 WIB. Sebagai informasi, kedua bandar udara tersebut berada di Kabupaten Sintang," jelasnya dalam rilis kepada tribunpontianak.co.id, Rabu (20/6/2018).

Wings Air menegaskan, bahwa pesawat tersebut dalam keadaan aman (safety) dan dapat diterbangkan
kembali serta seluruh kru dinyatakan memenuhi standar kualifikasi dalam bertugas untuk terbang.

Atas kejadian tersebut, akan menjadi bahan rekomendasi Wings Air untuk meningkatkan kualitas layanan penerbangan.

Wings Air menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan bandar udara, pemerintah selaku regulator dan standar prosedur operasi (SOP) Lion Air Group serta ketentuan internasional dalam menjalankan seluruh jaringan operasional.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved