Tabungan Emas Pegadaian Tembus 30 Ribu Rekening

Emas adalah investasi yang menguntungkan sebab memiliki nilai yang tinggi di masa depan. Ini diperkuat dengan harga emas yang terus meningkat

Tabungan Emas Pegadaian Tembus 30 Ribu Rekening
TRIBUNPONTIANAK/NINA SORAYA
Staf Pegadaian melayani nasabah di outlet Pegadaian Pontianak. 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Nina Soraya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Investasi tak sekedar menabung uang di bank. Nah, Tabungan Emas menjadi sarana investasi yang menarik untuk dicoba.

Emas adalah investasi yang menguntungkan sebab akan memiliki nilai yang tinggi di masa depan. Hal tersebut diperkuat dengan harga emas yang meningkat dari waktu ke waktu.

Pegadaian meluncurkan Tabungan Emas pada 2015 lalu. Tabungan Emas Pegadaian merupakan tabungan dengan sistem beli titip emas.

Baca: Moment Lebaran, Danau Sentarum Jadi Objek Wisata Favorit Keluarga

Deputy Bisnis Area Pontianak PT Pegadaian (Persero), Ade Harsono, menjelaskan uang yang ditabung nasabah langsung dikonversikan ke emas dan dapat dicetak mencapat emas batangan setelah mencapai berat tertentu.

"Nasabah nabungnya gak harus datang ke outlet Pegadaian, tapi bisa melalui ATM BRI, BNI, Mandiri. Inovasi terbaru adalah Tabungan Emas ini bisa digadaikan. Misalnya si nasabah punya Tabungan Emas 5 gram, sementara dia butuh uang Rp 500 ribu, maka 1 gram emas dalam tabungan tadi bisa digadaikan," jelas Ade.

Baca: Terkait Salah Mendarat, Berikut Penjelasan Wings Air

Dia menuturkan peminat tabungan emas di Kalbar cukup bagus. Saat ini Pegadaian mencatat sudah ada 30 ribu rekening tabungan. Sementara Kalbar di target bisa menghimpun 35 ribu rekening Tabungan Emas pada tahun ini. Ia mengaku optimistis bisa mencapai target tersebut hingga akhir tahun nanti.

"Peminatnya paling banyak ibu-ibu rumah tangga. Karena tabungan ini kan saldo tidak besar hanya Rp 7 ribu sudah bisa menabung. Untuk membuka rekening cukup Rp 53 ribu. Tidak ada biaya bulanan. Jadi sangan ringan," kata Ade.

Baca: Foto-foto Keseruan Tiga Pasangan Calon Bupati Kubu Raya Saat Laksanakan Debat Publik

Menurutnya tak sulit memasarkan produk Tabungan Emas ini. Selain dibantu pemasaran oleh masing- masing outlet yang saat ini jumlahnya sekitar 92 outlet, Pegadaian juga menggandeng tokoh publik.
Untuk kabupaten kota, Pegadaian mengajak kepala daerah atau pun wakil kepala daerah.

"Di Sambas kita ajak Pak Bupati, di Kapuas Hulu juga. Memang faktor ketokohan itu penting, karena bisa mengajak masyarakat. Tapi yang paling penting pula dalam hal memberikan pelayan sehingga nasabah terlayani dengan baik," terangnya.

Baca: Bertarung 27 Juni Mendatang, Satarudin Sebut Semua Calon Adalah Sahabatnya

Dengan emas yang dimiliki nasabah bisa dimanfaatkan untuk mendaftarkan pergi haji. Program gadai emas dengan nama program Pegadaian Arrum Haji. Arrum Haji yakni program masyarakat menggadaikan emas atau logam mulia senilai Rp 7 juta dan akan mendapatkan pinjaman tabungan haji sejumlah Rp 25 juta di Bank Syariah yang ditunjuk dan bekerjasama dengan Pegadaian Syariah.

"Masyarakat tinggal setorkan emas baik itu perhiasan atau LM sebesar 15 gram atau nilainya sekira Rp 7 juta. Nanti, langsung kita antar ke Kemenang untuk mendaftar haji, akan kita uruskan hingga mendapatkan porsi haji. Nantinya, nasabah tinggal membayar angsuran selama lima tahun, selanjutnya emas yang tadi digadikan akan dikembalikan. sampai mendapat porsi haji. didampingi sampai dapat.
setelah iotu angsuran ke pegadai selama lima tahun sekitar 500an. nanti kalau sudah lunas, emas 15 gram akan dikembalikan. Bisa nasabah pakai untuk pelunasan biaya haji," kata Ade. 

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved