Lebaran Hari Kelima, Rutan Kelas 2 B Mempawah Didatangi Ribuan Orang

"Yang paling ramai ini memang pada saat idul Fitri, kalau Idul Adha atau hari besar agama lain masih tidak terlalu," tuturnya.

Lebaran Hari Kelima, Rutan Kelas 2 B Mempawah Didatangi Ribuan Orang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Dosen Sinaga (tak bertopi) bersama Ka Rutan dan petugas Rutan di depan Rutan Kelas 2 B Mempawah, Selasa (19/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH- Rutan Kelas 2 B Mempawah di hari 1, 2 dan 3 Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah di kunjungi oleh ribuan orang yang ingin menjenguk keluarganya yang sedang di bina didalam rutan.

Ramainya pengunjung inipun membuat pihak Rutan harus bekerja ekstra untuk melakukan pengamanan.

Selama tiga hari berturut - turut, pihaknya mensiagakan 12 personel keamanan dari lapas, dan dibantu dengan 2 personel BKO dari Polres dengan bersenjatakan lengkap.

Baca: DPRD Imbau Masyarakat Berhati-hati Arus Balik Lebaran

Baca: Hahal Bihalal Mapolres Mempawah, Berjalan Haru dan Khidmat

Dosen Sinaga Kasubsi Pengelolaan Rutan kelas 2 B Mempawah memaparkan bahwa di hari pertama sebanyak 751 orang pengunjung datang untuk mengunjungi 145 warga binaan.

Kemudian di hari ke 2, sebanyak 715 orang pengunjung mengunjungi 154 warga binaan.

"Pas hari ke 3, pengunjung itu sekitar 674, tapi yang di kunjungi itu malah banyak, 159 orang," ungkapnya pada Tribun. Selasa (19/06/2018) siang.

Di hari biasa, Sinaga mengatakan bahwa pengunjung yang ada hanya berkisar 30 sampai 50 orang perhari, namun bila memasuki hari raya Idul Fitri pengunjung dapat meningkat lebih dari 10 kali lipat.

"Yang paling ramai ini memang pada saat idul Fitri, kalau Idul Adha atau hari besar agama lain masih tidak terlalu," tuturnya.

Ia mengungkapkan bahwa jam kunjungan di Idul Fitri di mulai sejak pukul 08.30 hingga 15.30.

sedangkan untuk hari biasa, di mulai sejak 08.00 hingga 15.00, dan tiap - tiap pengunjung di beri waktu maksimal 30 menit untuk menemui sanak saudaranya yang menjadi warga binaan di Rutan ini.

Kemudian, Sinaga mengungkapkan bahwa memasuki hari ke 4 dan ke 5 pasca Idul Fitri ini pengunjung memang sudah mulai berkurang jauh, tidak seperti di hari pertama hingga ke 3 Idul Fitri.

Ia menilai ini di karenakan banyak warga masyarakat yang telah kembali bekerja, dan memulai aktivitasnya masing - masing.

Penulis: Ferryanto
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved