Masjid Raya Mujahidin Telah Salurkan 500 Paket Zakat Fitrah

Panitia Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Masjid Raya Mujahidin Pontianak sudah menyalurkan sedikitnya 500 paket zakat fitrah

Masjid Raya Mujahidin Telah Salurkan 500 Paket Zakat Fitrah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Suasana di Stand Penerimaan Zakat UPZ Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Selasa (12/06/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID.PONTIANAK - Panitia Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Masjid Raya Mujahidin Pontianak sudah menyalurkan sedikitnya 500 paket zakat fitrah di seluruh Kota Pontianak, Selasa (12/06/2018).

Menurut Wakil Ketua UPZ Mujahidin Joni mengatakan pembagian paket zakat fitrah tersebut sudah dimulai sejak hari Jum'at lalu pada saat pembukaan penerimaan pembayaran Zakat hingga nanti penutupan pembayaran.

"Kemarin dimulai sejak hari Jum'at sampai nanti di malam Idul Fitri jam 12 malam. Sampai saat ini sudah kurang lebih 500 amplop sampai dengan hari ini," ujarnya.

Baca: MABBT dan KERABAT Sayangkan 2 Paslon Pilwako Pontianak Tak Penuhi Undangan Silaturahmi

Joni menjelaskan, jikalau pembagian zakat fitrah yang dilakukan pihak Mujahidin sejak lima tahun terakhir adalah dengan cara mengantarkan lansung paket zakat fitrah tersebut kepada pihak yang berhak menerimanya.

Dan untuk tahun ini sudah dimulai sejak hari pertama pembukaan hingga hari Selasa hari ini. Joni menambahkan Untuk saat ini yang di salurkan oleh Masjid Raya Mujahidin adalah zakat fitrah dan fidyah.

Yang di salurkan dalam bentuk uang yang sudah diamplopkan dan dibagikan kepada para penerima.

"Karena kita sudah mendata para dhuafa melalui masjid-masjid di kota Pontianak, seperti kemarin di Tanjung Hulu kita bagikan 180 amplop dan Hari ini di Masjid Babussalam kelurahan Banjar Serasan Pontianak Timur," Pungkasnya.

Menurutnya panitia akan lansung membagikan berapapun zakat fitrah yang diterima setiap harinya dan terus seperti itu sampai sebelum Khotib naik mimbar.

"Pembagiannya tiap hari, berapa kita terima kita salurkan sesuai dengan data yang sudah kita pegang sampai menjelang hari H. Karena zakat fitrah harus di salurkan sebelum Khotib naik mimbar, kita sendiri menargetkan penyaluran sampai 100 juta," Tambahnya.

Baca: Masjid Raya Mujahidin Targetkan Penerimaan Zakat Fitrah, Nilainya Fantastis

Joni juga mengatakan pembagian zakat fitrah dari Masjid Raya Mujahidin itu dilakukan disemua kecematan di Kota Pontianak, dengan sebaran terbanyak diPontianak timur dan barat.

Sedangkan untuk zakat fitrah yang berupa beras, panitia akan lansung bagikan kepada panti-panti asuhan, atau pondok pesantren yang dinilai layak untuk menerimanya. Sampai hari ini panitia sudah mengumpulkan sedikitnya 300 kg beras zakat yang siap disalurkan.

Sebagai informasi Joni Mengatakan sampai saat ini per Hari Senin (11/06) Madjid Raya Mujahidin sudah menerima/ mengumpulkan zakat fitrah sebesar Rp 57.767.500 berupa uang, berupa beras sebanyak 191,5 kg, zakat mal Rp 303.308.000, Infak sebesar Rp 18.973.500 dan berupa beras sebanyak 105 kg, kemudian ada juga pembayaran fidyah bagi orang hamil, orang tua yang sudah tidak mampu, ibu yang menyusui dan lain-lain saati ini sudah kurang lebih Rp 8.035.000.

Namun demikian itu masih jauh jauh dari target yang di tetapkan Panitia, untuk tahun 2018 panitia menetapkan total penerimaan Zakat sebesar Satu Miliar rupiah sama dengan tahun sebelumnya.

"Kita targetkan 1 miliar, tahun lalu sampai. Saat ini baru 400 jutaan, tapi biasanya di Mujahidin 4 hari terakhir yang ramai, mudah-mudahan sampai target," Tutupnya.

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved