Kembangkan Jiwa Nasionalisme Lewat Pramuka

"Dengan prestasi itu, bisa menjadi portofolio bagi siswa jika hendak menuju jenjang pendidikan lebih tinggi," pungkasnya.

Kembangkan Jiwa Nasionalisme Lewat Pramuka
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISHAK
Waka kesiswaan SMAN 3 Pontianak, Mohammad Ikhwan, Minggu  (10/06/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Banyak aspek dalam diri siswa yang bisa dikembangkan di ekstrakurikuker (ekskul) Pramuka. Satu di antaranya adalah semangat kewiraan dan juga nasionalisme.

Aspek ini pulalah yang dikembangkan di Pramuka SMAN 3 Pontianak. "Pramuka ini juga wadah bangun semangat nasionalisme anak-anak didik kami," ujar  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (Waka Kesiswaan) SMAN 3 Pontianak, Mohammad Ikhwan (49), Minggu (10/06/2018).

Baca: Raih Banyak Prestasi, Pramuka SMKN 3 Pontianak Membanggakan

Baca: Pramuka di SMAN 3 Pontianak, yang Disiapkan Jadi Sarana Kembangkan Bakat Siswa

Nasionalisme sendiri menurutnya adalah nilai penting yang harus ditanamkan dalam diri siswa. Terutama dalam konteks bahwa pelajar sebagai pemuda generasi penerus bangsa.

Baca: Antisipasi Kemacetan, Polisi Atur Parkiran di Bahu Jalan Tanjungpura

Keberadaan Pramuka di sekolah pun jadi sarana tepat membentuk itu semua. Apalagi, katanya, ada banyak siswa yang gabung di ekskul ini, sudah pernah ikut Pramuka di jenjang pendidikan sebelumnya.

Iapun mendorong siswa untuk bisa ukir prestasi terbaik di ekskul ini.

"Dengan prestasi itu, bisa menjadi portofolio bagi siswa jika hendak menuju jenjang pendidikan lebih tinggi," pungkasnya. 

Penulis: Ishak
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved