Soroti Ideologi Radikal Masuk Kampus, Kurniawan: Berpotensi Memecah Belah Bangsa 

Radikalisme ideologi yang dilakukan di kampus juga bisa saja mengancam ideologi Pancasila

Soroti Ideologi Radikal Masuk Kampus, Kurniawan: Berpotensi Memecah Belah Bangsa 
ISTIMEWA
Wasekum PTKP HMI Cabang Pontianak, Tio Rizki Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak M Wawan Gunawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID.PONTIANAK -  Wakil sekretaris umum HMI Cabang Pontianak Tio Rizki Kurniawan mengatakan ideologi radikal telah merambah dunia mahasiswa (Kampus).

Menurut Tio Proses-proses radikalisasi itu dilakukan secara tertutup dan berpotensi memecah belah bangsa, Jum'at (8/06/2018)

"Ideologi radikal jika tidak dicegah dari sekarang bukan mustahil Indonesia menjadi negara yang porak poranda dan dipecah karena perbedaan ideologis," kata Tio.

Tio menambahkan, Pasca reformasi peta gerakan mahasiswa telah berubah, Kelompok Cipayung yang sebelumnya dianggap mendominasi gerakan Islam di kampus, kini digeser oleh kelompok lain yang turut menyebarkan ideologi radikalisasi.

(Baca: Harapkan Kemajuan, Masyarakat Mekarsari Solid Menangkan Midji-Norsan )

Selain itu proses Radikalisasi yang ada di dunia mahasiswa juga mungkin ada kaitan dengan radikalisasi ideologi. Namun Sayangnya, proses itu dilakukan secara tertutup oleh kelompok-kelompok tertentu, karena mereka cenderung anti kepada perbandingan mazhab dan monolitik.

"Sebagian besar mereka (Ideologi Radikal) anti membaca bukunya Gus Dur atau Nurkholis Majid bahkan itu diharamkan, akibat monolitik inilah yang menurut saya punya potensi radikalisasi ideologi. Ini ciri khas dari monolitik yang berbahaya sekali," tuturnya.

Tio menjelaskan, Radikalisme ideologi yang dilakukan di kampus juga bisa saja mengancam ideologi Pancasila.

Menurut Tio, itu bisa dilihat berdasarkan hasil riset yang dimuat di salah satu artikel, bahwa mahasiswa yang belajar ilmu eksak lebih mudah direkrut kelompok radikal dibandingkan mahasiswa di bidang ilmu sosial.

Dengan proses perekrutan jaringan, hingga pemeliharaan jaringan mereka lakukan secara terorganisir.

(Baca: Inilah Prestasi Yang Menunjukkan Midji Mampu Memimpin Kalbar )

Halaman
12
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved