Mau Mudik Lebaran, Ini Tips Rumah Aman Yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik

Ini membantu teman-teman BPB Linmas segera bisa mencegah dini perbuatan jahat.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SURABAYA - Arus mudik mulai terlihat. Sejumlah masyarakat pun meninggalkan barang berharga dan rumah selama mudik Lebaran.

Kepala BPB dan Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto, mengimbau kepada seluruh masyarakat Surabaya untuk tidak begitu saja meninggalkan rumah.

"Selain penjagaan oleh petugas keamanan lingkungan, masyarakat juga harus mempersiapkan keselamatan barang berharga milik mereka sendiri," kata Eddy, Kamis (7/6).

(Baca: Driver Taksi Online Perkosa Penumpang Langganannya Usai Nonton Film di Bioskop )

Beberapa tips yang perlu diperhatikan pertama, kunci pintu, jendela, pagar, sebelum meninggalkan rumah. Jika perlu, dititipkan kunci kepada tetangga yang tidak mudik.

Dua, jangan mematikan seluruh lampu rumah, nyalakan lampu depan minimal orang yang akan berbuat jahat akan berpikir dua kali saat akan melakukan kejahatan.

Tiga, jika memiliki CCTV dan alarm rumah disarankan untuk tetap aktif. Ini membantu teman-teman BPB Linmas segera bisa mencegah dini perbuatan jahat.

Empat, cabut semua peralatan rumah yang memiliki sambungan listrik dan tidak diperlukan. Mislanya Televisi, kulkas, charger handphone, dan tabung gas. Letakkan tabung gas di luar ruangan, karena kondisi cuaca Surabaya cukup panas.

Lima, apabila memiliki brankas, maka simpan uang dan barang berharga lainnya ke dalam brankas. Atau, bisa diletakkan di bank demi keamanan.

Enam, jangan tinggalkan hewan peliharaan di rumah, pastikan menitipkan hewan peliharaan agar tetap terawat.

Tujuh, diharapkan ada petugas untuk melakukan pengecekan patroli keliling di satu wilayah pemukiman

Delapan, jangan lupa berpamitan kepada tetangga yang tidak mudik atau RT RW.

"Kami berharap masyarakat bisa menjalankan mudik dengan aman dan selamat sampai kembali ke rumah," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Mau Mudik Lebaran? Simak Tips Rumah Aman dari BPB Linmas Pemkot Surabaya Ini

Editor: Jamadin
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved