KOPI Kalbar-Mafindo Kalbar Deklarasikan Hoaks Crisis Center

Ia mengatakan gerakan kesadaran anti hoaks seperti ini perlu diapresiasi dan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat ke depan.

KOPI Kalbar-Mafindo Kalbar Deklarasikan Hoaks Crisis Center
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Suasana diskusi saat deklarasi Hoaks Crisis Center (HCC) Kalbar di Sekretariat HCC Kalbar, Jalan Danau Sentarum, Gang Wonosobo, Komplek Anugerah Indah 3, Minggu (3/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komunitas Peduli Informasi (KOPI) Kalbar bersama Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Kalbar mendeklarasikan Hoaks Crisis Center (HCC) Kalbar di Sekretariat  HCC Kalbar, Jalan Danau Sentarum, Gang Wonosobo, Komplek Anugerah Indah 3, Minggu (3/6/2018).

Kegiatan dirangkaikan dengan momen buka puasa bersama.

HCC Kalbar merupakan organisasi pertama yang dideklarasikan di Indonesia untuk menangani berbagai masalah hoaks di dunia digital dan media sosial, khususnya di Kalbar. Tidak hanya di Indonesia, namun juga yang pertama di kawasan Asia Pasifik.

Baca: Jumadi Gading: Festival Keriang Bandong Sudah Digelar Sejak 2017

Baca: DPRD Kalbar Minta PLN Jamin Ketersediaan Pasokan Listrik Dua Pekan Terakhir Ramadan

Saat deklarasi, turut hadir menjadi narasumber yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalbar Anthony Sebastian Runtu, Ketua Mafindo Kalbar Edho Sinaga, Divisi IT dan Medsos KOPI Kalbar R Rizky Prabowo Rahino S dan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak Dian Lestari.

Baca: Antusias Puluhan Anak Panti Menyimak Materi Anti Hoaks

Baca: Disebut Penembak Mati Razan Al Najjar, Rebecca Berikan Klarifikasi

Kegiatan juga dihadiri oleh Akademisi Untan sekaligus Pengamat Sosial Ema Rahmaniah Almutahar, berbagai komunitas dan jurnalis di Kota Pontianak yang punya semangat menangkal dan melawan hoaks.

Kepala Diskominfo Provinsi Kalbar Anthony Sebastian Runtu menyambut baik deklarasi HCC.

Ia mengatakan gerakan kesadaran anti hoaks seperti ini perlu diapresiasi dan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat ke depan.

“Saya apresiasi kehadiran HCC ini. Saya akui sangat membantu pemerintah. Ini bukti masyarakat khususnya generasi muda peduli terhadap nasib bangsa kedepan. Namun, saya harap tidak seremonial saja, harus ada komitmen jelas,” ujarnya.

Ia menegaskan pentingnya menangkal hoaks untuk pembangunan Kalbar ke depannya. Melawan hoaks sama seperti merawat keutuhan bangsa dan negara. Seperti diketahui dampak hoaks sangat berbahaya bagi keberlangsungan bangsa dan negara.

Halaman
123
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved