Rektor Untan Tangkal Paham Radikal Dengan Kegiatan Positif dan Membentuk Insan Paripurna

Menurutnya, mahasiswa hadir dikampus untuk belajar, kemudian mereka menerima tidak hanya pembelajaran tetapi juga pendidikan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Thamrin Usman DEA menuturkan jika pihaknya selalu dan terus berupaya menangkal radikalisme dan membentuk ilmuan yang pancasilais.

Menurutnya, mahasiswa hadir dikampus untuk belajar, kemudian mereka menerima tidak hanya pembelajaran tetapi juga pendidikan, bagaimana mereka mengubah cara berpikirnya.

Baca: Inilah Penampakan 10 Kapal Vietnam Yang Diamankan Bakamla RI

Baca: Bupati Sambas Tegaskan Dukung Kegiatan Positif Komunitas Motor di Sambas

Dari yang tidak kritis menjadi kritis, dari yang tidak sistematis menjadi sistematis, dari yang tidak analytis menjadi analytis.

Artinya, kata dia, para mahasiswa sudah masuk ke dalam fase dewasa, dewasa dalam menerima ilmu, mencari ilmu dan juga dewasa untuk mengatakan tidak pada sesuatu yang menurut keyakinan dan alasan scientificnya salah.

Baca: Siap Terima Laporan, Bawaslu Sebut Intimidasi Masuk Ranah Pidana

Baca: Ini Pesan Kapolda Kalimantan Barat Saat Buka Festival Sahur - Sahur di Mempawah

Oleh sebab itu kalau mahasiswa mampu melewati fase ini maka harusnya mampu untuk mengatakan tidak pada hal yang membahayakan diri, lingkungan sekitar, dan orang lain, termasuk membedakan mana manfaat dan mudarat, maka harusnya mahasiswa seperti itu.

Terkait dengan paham yang menyesatkan, Thamrin mengatakan sebenarnya bisa merambah ke semua orang yang bernama manusia sepanjang mampu mengkritisi, maka pahan tersebut bisa terhindari. Namun, semua orang rentan untuk itu.

"Dalam hal ini kami di Untan sudah berupaya, karena target kami mahasiswa yang keluar dari Untan punya kompetensi, selama dalam pembelajaran dievaluasi perubahan-perubahan positif, kemudian yang lain juga tidak hanya mengamati dikelas namun juga pebimbing akademik yang mengikuti mahasiswa, maka bisa dipantau," katanya, Minggu (03/05/2018).

Selain juga, diterangkan Thamrin Untan mempunyai Unit Kerja Mahasiswa yang tujuannya membangun karakter, jadi UKM hadir untuk memberikan kesibukan pada mahasiswa, menyalurkan bakat minatnya dan membangun karakter positif.

Misalnya UKM terjung payung yang dimiliki Untan akan membangun disiplin dan kepercayaan diri yang tinggi.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved