Citizen Reporter

Dekranasda Berikan Sosialisasi Bagi Pengrajin di Nanga Taman

Dekranasda Kabupaten Sekadau memberikan sosialisasi kepada para pengrajin di Kecamatan Nanga Taman...

Dekranasda Berikan Sosialisasi Bagi Pengrajin di Nanga Taman
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Dekranasda Kabupaten Sekadau memberikan sosialisasi kepada para pengrajin di Kecamatan Nanga Taman, Kamis (31/5). Sosialisasi tersebut mengumpulkan dan melihat kerajinan yang ada di Nanga Taman. Selain itu, bertujuan mengetahui kendala yang dihadapi para pengrajin di desa-desa. 

Citizen Reporter
Opang
Humas Pemkab Sekadau

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Dekranasda Kabupaten Sekadau memberikan sosialisasi kepada para pengrajin di Kecamatan Nanga Taman, Kamis (31/5/2018).

Sosialisasi tersebut mengumpulkan dan melihat kerajinan yang ada di Nanga Taman. Selain itu, bertujuan mengetahui kendala yang dihadapi para pengrajin di desa-desa.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus menuturkan, tugas dekranasda adalah menggali potensi-potensi kerjinan yang ada di seluruh wilayah di Bumi Lawang Kuari.

Baca: Bupati Sekadau Ikut Misa Perayaan Syukur Gereja Suak Terentang

Selain itu, kata dia, pihaknya juga membina para pengrajin yang ada.

“Kami mengimbau para pengrajin untuk menggunakan bahan-bahan alami. Bukan bahan-bahan yang plastik atau lainnya, tapi harus yang alami dari alam,” ujarnya.

Ia mengatakan, perlunya regenerasi kepada anak cucu. Sehingga, hal itu terus berlanjut dan tidak berhenti.

“Kerajinan yang buat harus sesuai dengan selera pasar. Jadi bukan hanya selera sendiri,” ucapnya.

Untuk itu, Kristina juga berharap desa-desa bisa membuat galeri kerajinan. Sehingga, galeri tersebut untuk menampung hasil kerajinan para pengrajin tersebut. Desa yang telah memiliki galeri kerajinan, yaitu Desa Pantok.

“Kami akan kunjungi desa-desa yang berpotensi memiliki kerajinan yang bagus, sebagai contoh ada kelompok di Kecamatan Belitang Hulu yang kami bina sebagai kelompok tenun. Kami juga berupaya selalu berikan suport,” tuturnya.

Ia mendorong para pengraji agar seinovatif mungkin. Dengan begitu, kualitas dan mutu kerajinan yang ada dapat ditingkatkan. “Makin baik kualitas dan mutunya, semakin tinggi nilai ekonominya bagi para pengrajin,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Nanga Taman, Paulus Ugang mengatakan, mengapresiasi dekranasda yang telah menunjuk Nanga Taman dalam mengumpulkan para pengrajin. Menurutnya, tidak semua orang dapat menganyam. Sehingga, tidak semua orang memiliki keterampilan dibidang tersebut.

“Kerajinan bukan hanya sekedar untuk menambah perekonomian keluarga tapi juga memberikan dampak yang luar hingga bisa dikenal didunia internasional. Bawa nama desa, kecamtaan, kabupaten, provinsi hingga membawa nama Indonesia,” ungkapnya singkat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Muspika Nanga Taman, Kades se Kecamatan Nanga Taman dan para pengerajin. (*)

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved