Start Pertama, Daniel Ricciardo Sempurna Selesaikan F1 GP Monaco 2018

Ricciardo menjadi yang tercepat dalam balapan selama 78 lap tersebut dengan catatan waktu 1 jam 42 menit 54,807 detik.

Start Pertama, Daniel Ricciardo Sempurna Selesaikan F1 GP Monaco 2018
dok.f1
Pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, menjadi pemenang balapan seri keenam F1 GP Monaco yang digelar di Circuit de Monaco, Monte Carlo, Monako, Minggu (27/5/2018). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, berhasil memenangkan balapan seri keenam Formula 1 ( F1) GP Monaco yang diadakan di Circuit de Monaco, Monte Carlo, Monako, Minggu (27/5/2018).

Ricciardo menjadi yang tercepat dalam balapan selama 78 lap tersebut dengan catatan waktu 1 jam 42 menit 54,807 detik.

Sementara itu, peringkat kedua dan ketiga ditempati Sebastian Vettel (Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mercedes).

Ricciardo, yang menjadi pole positter, langsung tancap gas untuk memimpin jalannya balapan. Sementara itu Vettel dan Hamilton menempelnya.

Baca: Tindak Lanjuti Surat Edaran Mendagri, BKD Singkawang Godok Aplikasi Transaksi Non Tunai

Bendera kuning langsung berkibar pada lap pertama setelah Brendon Hartley (Toro Rosso) kehilangan sayap depan saat melewati sektor dua Circuit de Monaco.

Beruntung marshal tidak memerlukan waktu lama untuk membersihkan serpihan dari trek sehingga balapan dapat segera dilanjutkan.

Pada lap ke-8, pebalap Williams, Sergey Sirotkin, mendapat hukuman stop-and-go selama 10 detik akibat ban mobilnya tidak terpasang sebelum batas waktu tiga menit bagi kru mekanik untuk keluar dari lintasan. Pebalap berkebangsaan Rusia tersebut langsung terdepak ke posisi buncit.

Kesialan tim Williams semakin lengkap setelah pebalap mereka yang lain, Lance Stroll, mengalami masalah pada bagian depan mobilnya. Stroll terpaksa masuk ke pit untuk mengganti sayap depan dan ban yang pecah sehingga posisinya melorot di belakang rekan satu timnya.

Sementara itu, Verstappen yang start dari posisi paling belakang melaju dengan cepat. Pada lap ke-26, Verstappen sudah berada di posisi ke-10. Kembali ke grup depan, persaingan ketat terpisah antara perebutan posisi pertama dengan perebutan posisi ketiga. Ricciardo dan Vettel bersaing untuk podium teratas, sedangkan Hamilton dan Kimi Raikkonen (Ferrari) bertarung untuk posisi podium terakhir. Sementara itu, petaka menimpa Ricciardo yang berada di posisi terdepan. Pada lap ke-28, Ricciardo mengeluhkan kurangnya tenaga pada mobilnya. Vettel yang mengetahui hal tersebut berusaha untuk terus menekan posisi Ricciardo.

Pada paruh kedua perlombaan, jarak antar pebalap di grup terdepan semakin kecil. Hamilton yang awalnya tertinggal sembilan detik dari Vettel sukses memangkas jarak menjadi 1,5 detik pada lap ke-44. Sementara Valtteri Bottas (Mercedes) yang berada di posisi kelima terus memepet Raikkonen yang berada di depannya. Namun demikian, hingga balapan memasuki lap ke-50, tidak ada pergantian posisi dari grup pebalap lima besar. Hamilton yang mengganti ban lebih dahulu ketimbang para rival di depannya, bahkan mengeluhkan kurangnya grip pada ban depan kirinya. Alhasil, Hamilton membiarkan Vettel dan Ricciardo bersaing memperebutkan kemenangan di grup terdepan.

Pada lap ke-53, bendera kuning kembali dikibarkan setelah Fernando Alonso (McLaren) mengalami kerusakan pada girboks mobilnya. Alonso yang sebelumnya menduduki posisi ketujuh harus merelakan perolehan poin keenamnya di musim ini akibat gagal finis. Insiden mengerikan terjadi pada lap ke-72. Charles Lecrec (Sauber) yang kehilangan rem menubruk Brendon Hartley dengan keras. Kecelakaan tersebut membuat Lecrec kehilangan ban dan sayap depan sementara Hartley mengalami kerusakan pada sayap belakangnya.

Virtual Safety Car pun diberlakukan selepas insiden tersebut. Kembali ke posisi terdepan, Ricciardo semakin nyaman dengan posisinya setelah sukses memperlebar jarak dengan Vettel. Ricciardo akhirnya menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis.

Berkat kemenangan ini, Ricciardo menyempurnakan penampilannya pada seri balap GP Monaco. Sebelumnya, Ricciardo juga memuncaki posisi teratas pada seluruh sesi latihan bebas dan kualifikasi. Seri balap berikutnya berlangsung di Kanada, 8-10 Juni, di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal. (Ardhianto Wahyu Indraputra) Berikut hasil balapan F1 GP Monaco 2018.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil F1 GP Monaco 2018, Daniel Ricciardo Sempurna", https://olahraga.kompas.com/read/2018/05/27/23131238/hasil-f1-gp-monaco-2018-daniel-ricciardo-sempurna.

Editor: Madrosid
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved