Cegah Peningkatan Angka Kejadian Diabetes, Dosen Ini Gelar Pendampingan Warga

Untuk itu dalam rangka memenuhi salah satu tugas dan fungsi dosen dalam tridarma perguruan tinggi

Cegah Peningkatan Angka Kejadian Diabetes, Dosen Ini Gelar Pendampingan Warga
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Dosen STIK Muhammadiyah, Usman (kiri) bersama Ketua RT 002 setelah mengisi pendampingan mengenai Diabetes, Minggu (20/5/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Listya Sekar Siwi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Masalah kesehatan bisa terjadi pada masyarakat mana saja termasuk perkotaan. Untuk itu dalam rangka memenuhi salah satu tugas dan fungsi dosen dalam tridarma perguruan tinggi, dosen Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak, Usman, S.Kep., Ners., M.Kep menggelar pendampingan warga daerah perkotaan khususnya penyakit dengan diabetes mellitus.

Usman mengatakan kegiatan ini digelar di RT/RW 002/001 kelurahan Sungai Bangkong, Kota Pontianak, Minggu (20/5/2018). Ia juga menuturkan tujuan kegiatannya adalah untuk mencegah adanya peningkatan angka kejadian di wilayah tersebut.

Baca: Video Sidak Tim Gabungan Temukan Ini Di Swalayan Garuda Mitra

Sasaran pesertanya adalah semua warga yang berada di wilayah kerja puskesmas Alianyang. Jumlah peserta yang hadir berjumlah 69 warga. 

"Kegiatan tersebut merupakan satu diantara bentuk pengabdian kami kepada masyarakat Khususnya penyakit diabetes mellitus. Mengingat angka kejadian di kota Pontianak sendiri tiap tahun selalu meningkat, hal ini satu diantaranya dikarenakan faktor makanan yang tidak sehat," jelasnya.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak bulan maret 2018 yang lalu dengan melakukan survei ke beberapa RT di wilayah puskesmas Alianyang, dan didapatkan lah satu RT dengan prevalensi terbanyak. Kemudian proses surat menyurat, setelah mendapatkan izin maka pihaknya melakukan pendampingan cara diet yang tepat kepada penderita DM tersebut.

Baca: 4 Hal Ini Membuatmu Tambah Gendut Meski di Bulan Puasa, Hindari Ya!

Satu diantara warga setempat, Ai sumarni mengapresiasi kegiatan ini. Ia menggatakan kegiatan ini sangat baik dilakukan mengingat para penderitanya kiat meningkat.

"Hal ini juga dapat memberikan informasi yang sangat baik untuk dapat mengingatkan kami bagaimana cara diet yang baik. Harapan kami kedepan bisa dilakukan senam massal Diabetes Mellitus sehingga kami yang belum tahu informasi dan cara melakukannya jadi tahu dan dapat mengaplikasikannya," tukasnya.

Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: Septi Dwisabrina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved