Pilgub Kalbar

Torehan Prestasi Bergengsi Sutarmidji, Cagub Kalbar Nomor Urut Tiga

Saya akan buat pendidikan gratis agar anak tidak ada yang putus sekolah lagi. Pokoknya anak harus dapat pendidikan hingga 12 tahun.

Torehan Prestasi Bergengsi Sutarmidji, Cagub Kalbar Nomor Urut Tiga
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Cawagub Kalbar nomor urut 3, Sutarmidji 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Prestasi Sutarmidji sebagai Kepala Daerah sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, saat menjadi Wali Kota Pontianak, Sutarmidji berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi saat menjadi Wali Kota Pontianak dua periode.

Disetiap bidang infrastruktur kesehatan dan kesehatan misalnya, Sutarmidji berhasil membuat kemajuan di Kota Pontianak.

Di bidang pendidikan, Sutarmidji berhasil diganjar penghargaan "Ki Hajar Award", karena berprestasi dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Pontianak, melalui peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bahkan ini kali ketiga Sutarmidji mendapatkan peghargaan yang sama.

Menurutnya, pendidikan merupakan hal penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalbar.

Maju sebagai Gubernur Kalbar, upaya Sutarmidji untuk meningkatkan pendidikan yakni dengan cara menggratiskan biaya pendidikan agar anak dapat jaminan pendidikan di Kalbar. Dirinya berharap anak di Kalbar mendapatkan wajib belajar 12 tahun.

"Saya akan buat pendidikan gratis agar anak tidak ada yang putus sekolah lagi. Pokoknya anak harus dapat pendidikan hingga 12 tahun. Agar rapor kita meningkat, dan pendidilan merupakan salah satu caranya," tegas Sutarmidji.

(Baca: Fahri Hamzah: Bahaya Penggunaan Data Intelijen sebagai Bukti Hukum )

Selain pendidikan, kesehatan juga penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tidak kalah hebatnya, dibidang kesehatan, Sutarmidji berhasil membuat inovasi seperti pelayanan tanpa kelas yang membuatnya diganjar penghargaan Entrepreneur Award 2017 dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi kepala daerah setingkat ASEAN yang menciptakan inovasi dalam berbagai kategori.

Pelayan untuk Rakyat merupakan kata yang tepat menggambarkan figur Sutarmdiji. Karena baginya pemimpin harus tahu apa yang dibutuhkan masyarakatnya. Rumah Sakit tanpa kelas dibuatnya dengan tujuan agar masyarakat menengah kebawah mendapat pelayanan kesehatan yang sama dan berkualitas.

(Baca: Polresta Pontianak Amankan Truk Bermuatan 31 Koli Petasan )

"Saya bangun Rumah Sakit tanpa kelas untuk masyarakat miskin serta pengguna BPJS agar mendapatkan pelayanan yang sama dan berkualitas, sudah tidak ada lagi yang membeda-bedakan pasien. Semua pasien diberlakukan sama. Tujuan kita itu agar masyarakat pengguna BPJS dapat pelayanan yang sama baiknya," ungkap Sutarmidji.

Tata Kelola Pemerintahan pun, Sutarmidji mampu menjalankannya dengan baik. Bahkan, Kota Pontianak disulap menjadi Kota laboratorium Inovasi di Indonesia, setelah diganjar penghargaan sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik se-Indonesia.

Halaman
12
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved