Polresta Pontianak Amankan Truk Bermuatan 31 Koli Petasan

Yang di perkenankan itu kembang api, itu pun harus ada izinnya, kalau petasan atau mercon ini berbahaya

Polresta Pontianak Amankan Truk Bermuatan 31 Koli Petasan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Hadi Sudirmansyah
Anggota jatanras saat mengamankan satu truk yang berisikan 31 koli petasan 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  -Kepolisian resor kota (Polresta) Pontianak mengamankan satu truk yang mengangkut 31 koli petasan atau mercon korek api, Jumat (18/5) sore di persimpangan Jl Pahlawan Kecamatan Pontianak Selatan.

31 koli mercon korek api yang di emas dalam kardus bergambar lumba-lumba ini di anggkung menggunakan truk bernopol KB9335B.

Kapolresta Pontianak AKBP Wawan Kristyanto menuturkan Petasan atau mercon merupakan satu diantara sasaran dari Operasi Pekat kapuas 2018, karena satu diantara benda berbahaya.

"Terkait 31 Koli mecon korek api ini satu orang di tetapkan sebagai tersangka yakni berinisal AM (43) warga Jeruju Gang Alpukat Indah, sementara supir truk Boy dan Mar buruh pelabuhan di tetapkan sebagai saksi‎,"ujarnya katanya saat mengelar rilis ‎pada Sabtu (19/5) sore.

(Baca: Tarian Kolosal Bertema Kain Ikat Meriahkan Pembukaan Pekan Gawai Dayak ke-33 )

Dijelaskan dia, diamankannya truk yang mengangkut bahan peledak jenis mercon korek api oleh anggota Satreskrim Polresta Pontianak,  Jumat sore sekitar pukul 15.30 WIB.

"Saat itu saksi sopir truk dan rekannya diamankan oleh anggota unit jatanras Satreskrim pOlresta Pontianak di lampu merah persimpangan jalan Pahlawan,"kata Wawan di dampingi Kasat Reskrim Kompol M Husni Ramli

 "Berdasarkan keterangan sopir, ia di perintahkan oleh AM ini untuk membawanya dari Gang Martapura ke seseorang berinisal WN di Jl Hasanudin Pontianak Barat, ‎dan saat ini yang sudah di tetapkan sebagai tersangka mengaku di perintahkan oleh WN dan PN," tambahnya.

(Baca: Ngaku Polisi, Pria Ini Unjuk Kekebalan dan Tantang Teroris, Videonya Viral )

Selain itu keterangan sementara, dari AM, Mercon jenis korek api ini rencananya akan di edarkan di Pontianak ini, ‎saat ini pihaknya sedang di lakukan pengembangan ke nama-nama yang lain berdasarkan keterangan tersangka

‎Terkait petasan atau mercon, Kapolresta Pontianak menegaskan hal tersebut memang di larang, terkait kembang api hal tersebut memang di perkenankan tetapi ada beberapa hal yang harus di penuhi.

"Yang di perkenankan itu kembang api, itu pun harus ada izinnya, kalau petasan atau mercon ini berbahaya,"tegasnya.

"Utuk tersangka ini, kita akan menjeratnya pasal ‎1 ayat 1 UU Darurat No 12 tahun 1951,"pungkasnya.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved