Empat Kecamatan di Kabupaten Mempawah Daerah Sebaran Rabies, Ini Penjelasannya

laporan gigitan memang ada, namun setelah kita investigasi tidak ada hewan yang terinveksi rabies. Itu karena hewan terprovokasi saja

Empat Kecamatan di Kabupaten Mempawah Daerah Sebaran Rabies, Ini Penjelasannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Petugas dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah saat melakukan eksekusi terhadap hewan anjing rabies sebelum dilakukan uji laboratorium belum lama ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Sepanjang tahun 2018, Dinas Kesehatan Mempawah belum menemukan kasus orang positif rabies akibat gigitan hewan.

Sementara pada tahun 2017 lalu terdapat 44 kasus gigitan hewan di Mempawah dan lima anjing di antaranya positif terjangkit rabies.

Kasi Keswan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah, drh Tika Nurhayati mengatakan sebanyak enam aduan kasus gigitan hewan terhadap manusia sepanjang tahun 2018 dan kesemuanya tidak ada yang positif rabies.

Baca: 5 Aib Manchester United Musim Ini, Keok Lawan Tim Lemah hingga Tanpa Gelar

"Tahun ini untuk laporan gigitan memang ada, namun setelah kita investigasi tidak ada hewan yang terinveksi rabies. Itu karena hewan terprovokasi saja, anjing hamil di kacau-kacau dan terinjak ekornya ya seperti itulah," kata Tika kepada Tribun, Minggu (20/5).

Iapun memaparkan bahwa dari enam kasus yang ada di 2018, satu di antaranya adalah orang yang terkena gigitan di Kabupaten Landak dan diobati di Kabupaten Mempawah. Selanjutnya, terdapat pula satu kasus gigitan dari kera liar terhadap masyarakat.

"Satu di Kecamatan Sungai Pinyuh itu gigitan kera liar, dan satu lagi orang yang kena gigit di Landak, namun dirujuk ke Puskesmas Toho. Karena mungkin itu yang terdekat pas dari lokasi gigitan," tegasnya.

Terkait upaya pencegahan rabies, Tika menuturkan pada tahun 2017, pihaknya telah memvaksin hampir enam ribu hewan di Kecamatan Sadiang dan Toho.

"Kita telah memvaksin sebanyak 5.950 ekor hewan yang terdiri terdiri dari anjing, kucing dan kera, dengan lokasi vaksin yakni 560 ekor di Desa Ansiap Kecamatan Sadaniang. Dan 236 Desa Dema Kecamatan Anjongan, lalu sisanya di semua desa yang ada di Kecamatan Toho," ungkapnya.

Tika memaparkan bahwa Desa Benuang dan Desa Sepang, di Kecamatan Toho, lalu di Desa Ansiap di Kecamatan Sadaniang merupakan daerah yang positif didapati rabies di Kabupaten Mempawah pada 2017 dan daerah tersebut seluruhnya telah diberikan vaksin. 

Baca: Pembukaan PGD ke-33 di Rumah Radakng Semarak

Tika mengungkapkan pihaknya kini telah mengajukan permintaan sebanyak 7.500 vaksin rabies kepada pihak provinsi dan pusat untuk tahun 2018.

Halaman
12
Penulis: Ferryanto
Editor: Rihard Nelson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved