Jamin Warganya Tak Mengemis, Ini Langkah Yang Diambil Pemkot Pontianak

Bagi warga Pontianak setelah data mereka lengkap, maka Dinsos langsung mengusulkan bantuan melalui wali kota untuk diberikan bantuan beras.

Jamin Warganya Tak Mengemis, Ini Langkah Yang Diambil Pemkot Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SYAHRONI
Seorang pegawai di Dinas Sosial menunjukan beras yang diberikan pada masyarakat tak mampu, yang dulunya mengemis dan kini pemerintah berikan bantuan dan jaminan sosial untuk meningkatkan kesejahteraannya. Dari 47 orang yang terdata tinggal beberapa orang saja yang belum mengambil, Jumat (18/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Saat Ramadan tiba biasanya dimanfaatkan orang-orang tak mampu bahkan orang mampu untuk momentum mencari keuntungan dengan mengharapkan belas kasihan masyarakat.

Tak heran di Kota-kota besar, termasuk Kota Pontianak momentum Ramadan ini banyak bermunculan pengemis musiman.

Baca: Martin Rantan Imbau Pelihara Kesucian Ramadan

Pengemis musiman ini biasanya berdatangan dari luar Kota Pontianak, Kepala Dinas Sosial Kota Pontianak, Aswin Djafar menuturkan jika memang ada warga Kota Pontianak yang menjadi pengemis maka pihaknya akan mendata dan mereka diberikan bantuan sosial, sehingga tak menjadi pengemis lagi.

"Untuk orang-orang yang belum beruntung, atau kurang mampu, Pemerintah kota melalui Dinsos sudah melakukan pembinaan dengan mendata pengemis, terutama yang dimasjid-masjid itu sudah kami data," ucap Aswin Djafar saat diwawancarai diruang kerjanya, Jumat (18/5/2018).

Baca: Mahmudah: Banyaknya Studi Banding Pada Pemkot Pontianak, Pengakuan Dari Pemda Lain Atas Prestasi

Mereka didata menurut Aswin untuk ditingkatkan kesejahteraannya, sehingga merka tak meminta-minta lagi.

Namun selama ini yang didapat dilapangan bukanlah warga Pontianak sehingga pemerintah tak bisa memberikan bantuan, namun hanya bisa dipulangkan kedaerah asalnya.

Bagi warga Pontianak setelah data mereka lengkap, maka Dinsos langsung mengusulkan bantuan melalui wali kota untuk diberikan bantuan beras.

"Ptogram memberikan beras ini, sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir. Dalam Satu bulan mereka dapat 15 kilogram, mereka ambil sendiri di kantor Dinsos," jelasnya.

Saat ini warga Pontianak yang dulunha pernah meminta-minta tercatat ada 47 orang dan itu sudah diberikan bantuan oleh pemerintah setiap bulannya dengan 15 Kg beras. Untuk bulan Mei 2018 ini dari 47 orang yang terdata sebagian besar telah mengambil berasnya di Kantor Dinsos Pontianak, hanya tinggal 5-7 karung lagi yang tersisa belum diambil.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved