Ada yang Tak Suka dengan Kamu? Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan

Sebagai mahluk sosial tentunya kita memiliki kodrat terdalam untuk mengenal satu sama lain.

Ada yang Tak Suka dengan Kamu? Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan
IST
Psikolog, Rika Indarti SPsi MPsi. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ana Sesar Andani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK- Sebagai mahluk sosial tentunya kita memiliki kodrat terdalam untuk mengenal satu sama lain. Namun, tidak selamanya kita akan diterima disebuah lingkungan karena dengan sendirinya seseorang akan diseleksi sesuai dengan pengalaman dan kesamaan yang dimiliki anggota kelompok tersebut.

Terkadang muncul rasa kesepian atau bahkan kamu dijauhi teman-temanmu sendiri. Nah, kamu bisa lakukan hal-hal berikut untuk memperbaiki suasana tersebut untuk lebih baik lagi kok. Berikut jawaban Psikolog Rika Indarti.

Baca: Curi iPhone, Driver Ojol Ini Diringkus Polisi

Pertanyaan:

"Selamat siang, aku Wulan umur aku 15 tahun. Saat ini aku merasa terasingkan dikelas. Ntah kenapa semuanya menjauh, bahkan aku merasa tidak punya teman dikelas. Gimana ya supaya aku bisa kembali berteman dengan mereka?" (Wulan)

Berikut jawaban Psikolog Rika Indarti;

"Salam wulan, sebenarnya adalah hal yang wajar bila ada seseorang suka atau tidak suka kepada kita, dan kita pun tidak bisa memaksakan orang lain harus menyukai kita, namun bila semua orang tidak suka dengan kita, maka sudah seharusnya kita instropeksi diri kita. Apakah ada tindakan atau perkataan atau perilaku kita yang tanpa kita sadari kita lakukan dan ternyata hal tersebut merupakan hal yang salah. Kita harus berjiwa besar untuk mengakui dan menerima kesalahan tersebut,kemudian berubah untuk tidak melakukan hal yang sama di kemudian hari. Namun bila kita sudah instropeksi diri dan secara objektif kita tidak tau apa yg menjadi kesalahan kita, sebaiknya dekati salah satu diantara mereka untuk menanyakan apa permasalahan sebenarnya, sampaikanlah dengan sopan, jangan menggunakan emosi. Lebih baik bila kita memulainya dengan minta maaf terlebih dahulu. Dan mumpung memasuki bulan suci ramadhan, bermaaf-maafan dengan teman sekelas dapat menjadi suatu jalan untuk kamu kembali mendekati teman-teman sekelasmu."

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Septi Dwisabrina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved