Sambut Puasa, Kelompok Kesenian Kuda Lumping Beratraksi

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan, kelompok kesenian Kuda Lumping Siswo Budoyo menyelenggarakan

Sambut Puasa, Kelompok Kesenian Kuda Lumping Beratraksi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan, kelompok kesenian Kuda Lumping Siswo Budoyo menyelenggarakan pagelaran kesenian kuda lumping di Gedung Kantor Ado, Surya Deli Desa Peniti. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan, kelompok kesenian Kuda Lumping Siswo Budoyo menyelenggarakan pagelaran kesenian kuda lumping di Gedung Kantor Ado, Surya Deli Desa Peniti.

Siswo Budoyo merupakan nama kelompok kesenian Kuda Lumping yang didirikan pada 1991, adapun pengurus dari kelompok kesenian ini adalah masyarakat suku Jawa yang menetap di Surya Deli, Desa Peniti.

Baca: Diduga ‎Alami Gangguan Jiwa, Pria Ini Pecahkan Kaca Mobil Karyawan Bank

Dalam prakteknya, kesenian ini juga turut mengikutsertakan generasi muda sebagai pelakunya, hal ini dibuktikan dengan dalam setiap pertunjukan, anak-anak dan remaja setingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga turut diikutsertakan.

Toiman, Ketua Kelompok Kesenian Kuda Lumping Siswo Budoyo menyatakan bahwa tujuan dari diadakannya pertunjukan kali ini ialah guna menyambut datangnya bulan Ramadan.

"Diselenggarakannya dalam rangka menyambut datangnya bulan puasa, sekaligus tutup tahun dalam arti mungkin akan bermain kembali tahun depan," ujarnya, Minggu (13/5/2018).

Baca: Banyak Masyarakat Tak Punya BPJS, Sutarmidji Siap Benahi Sistem Pelayanan Publik

Ia juga menambahkan kapan saja waktu-waktu diselenggarakannya kesenian ini.

"Setiap tutup tahun seperti ini sekaligus menyambut bulan puasa, setiap akhir tahun, tahun baru, setiap tujuh belas agustus dan jika ada masyarakat yang memiliki hajatan dan ingin ditampilkan, juga bisa ditampilkan dengan menghubungi pengurus," tambahnya.

Nurul, satu diantara warga setempat mengapresiasi atas adanya kegiatan tersebut.

"Tentu sangat baik sekali, ini menjadi sarana agar budaya tetap terjaga dan lestari terus dan sebagai media hiburan untuk masyarakat sekitar," pungkasnya.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Septi Dwisabrina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved